Jelang Akhir Tahun, Menteri Tito akan Memantau Realisasi APBD Setiap Minggu

Jelang Akhir Tahun, Menteri Tito akan Memantau Realisasi APBD Setiap Minggu
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah 2021, Senin (22/11). Foto: Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berencana melakukan evaluasi dan monitoring realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Hal tersebut dilakukan agar pemerintah daerah (pemda) bisa segera mengakselerasi realisasi APBD.

“Kami akan melakukan evaluasi setiap minggu, dan mohon kepada rekan-rekan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dapat mengoordinasikan rakor realisasi belanja di tingkat provinsi masing-masing," kata Tito dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah 2021, Senin (22/11).

Mantan Kapolri itu menyampaikan Presiden Joko Widodo mendorong percepatan realisasi APBD dan APBN dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar pada Rabu (17/11) lalu.

Presiden Jokowi, lanjut Tito, juga memberikan arahan agar APBN bisa menjadi instrumen utama dalam menggerakkan pertumbuhan dan daya tahan ekonomi, akselerasi daya saing, terutama di bidang ekspor dan investasi.

Sebab, risiko perkembangan ekonomi global terhadap perekonomian Indonesia perlu diwaspadai, termasuk potensi pandemi Covid-19 yang mungkin bisa berlanjut.

"Belanja pemerintah menjadi tulang punggung untuk menstimulasi, mendorong swasta untuk bergerak di tengah situasi yang kemarin terkontraksi dan mungkin masih terus terkontraksi akibat pandemi Covid-19,” tutur Tito Karnavian.

Mantan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) itu mendorong pemda untuk mempercepat realisasi APBD menjelang akhir tahun.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berencana melakukan evaluasi dan monitoring realisasi APBD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News