Jelang HUT RI, Perpustakaan MPR Membedah Buku Karya Hatta

Jelang HUT RI, Perpustakaan MPR Membedah Buku Karya Hatta
Para narasumber pada acara ‘Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat’ membedah buku karya Mohammad Hatta yang berjudul ‘Sekitar Proklamasi’ yang digelar Perpustakaan MPR RI. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73, Perpustakaan MPR lewat acara ‘Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat’ membedah buku karya Mohammad Hatta yang berjudul ‘Sekitar Proklamasi’.

Dalam acara yang digelar di Ruang Presentasi Perpustakaan MPR, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, 15 Agustus 2018, hadir sebagai narasumber anggota MPR Fraksi Partai Golkar Hetifah Sjaifudian, sejarah dari UI M Sodikin, dan pengamat buku Arif Pradono.

Menanggapi buku karya Wakil Presiden I Indonesia itu, Sodikin mengatakan buku yang ditulis oleh Hatta itu sebagai upaya untuk meluruskan sejarah menjelang Indonesia merdeka. Diakui banyak penulis buku sejarah, termasuk dari orang luar negeri, yang membumbui fakta dengan dongeng sehingga membuat kejadian yang ada menjadi dramatis.

Menurut Sodikin, sebagai pelaku sejarah, Hatta menulis kejadian yang ada secara objektif sehingga kejadian itu tak sedramatis yang dibayangkan orang.

“Dari buku ini Hatta meluruskan sejarah yang tak sesuai dengan kenyataan,” ungkapnya.

Jelang HUT RI, Perpustakaan MPR Membedah Buku Karya Hatta

Menjelang Indonesia merdeka, menurut Sodikin, Hatta merupakan 1 dari 5 orang tokoh yang disebutnya sebagai aktor intelektual. Di BPUPKI dan PPKI, Hatta merupakan sosok yang terlibat langsung dalam sebuah proses perjalanan bangsa.

“Ia mempunyai pandangan dan gagasan ke depan tentang sebuah bangsa,” ujarnya.

Menanggapi buku karya Wapres I RI itu, Sodikin mengatakan buku yang ditulis oleh Hatta itu sebagai upaya untuk meluruskan sejarah menjelang Indonesia merdeka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News