Jelang Iduladha, Sapi Paling Laris

Jelang Iduladha, Sapi Paling Laris
Petugas memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual untuk keperluan Iduladha. Foto: Bagas Bimantara/Radar Madiun

jpnn.com, MADIUN - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Jatim, memeriksa penjualan hewan kurban di sejumlah titik, beberapa hari jelang Iduladha.

Di Jalan Kelapa Manis, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Madiun, sapi dan kambing yang dijual diperiksa kesehatannya.

Mulai dari kulit, hidung, kuku, sampai usia. Dari hasil pemeriksaan awal, semua sapi dan kambing dinyatakan sehat.

Sementara itu, di tempat penjualan hewan di Jalan Tanjung Manis petugas mendapati seekor kambing yang mengalami sakit mata. Petugas langsung memberikan obat tetes mata secara gratis.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Cahyarini Budiarti mengatakan, langkah ini merupakan tahap pertama pemeriksaan.

Pemeriksaan akan dilanjutkan hari ini untuk memastikan semua hewan steril dari penyakit. Baik itu penyakit kulit, kuku busuk, demam, ingusan, anthrax, maupun cacing hati. ’’Jangan sampai masyarakat dirugikan,’’ tegasnya kemarin (27/8).

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama melihat fisiknya secara umum. Sedangkan tahap dua nanti saat disembelih.

Cahyarini juga mengimbau masyarakat untuk jeli memilih hewan kurban karena tidak semua lokasi diperiksa. ’’Hanya beberapa saja yang kami periksa,’’ ungkapnya.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Jatim, memeriksa penjualan hewan kurban di sejumlah titik, beberapa hari jelang Iduladha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News