Jelang Lebaran, Dirjen Laut Lakukan Pemeriksaan Kapal

Jelang Lebaran, Dirjen Laut Lakukan Pemeriksaan Kapal
ilustrasi para penumpang kapal laut.

jpnn.com, BANTEN - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut semakin mengintensifkan pemeriksaan kelaikan kapal menjelang angkutan lebaran.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kapal dalam keadaan laiklaut sehingga bisa melayani para penumpang pada masa angkutan lebaran nanti.

Pada Jumat (11/5) lalu tim uji petik dari kantor pusat Kementerian Perhubungan melakukan pemeriksaan secara acak terhadap kapal ferry penyeberangan yang sedang bersandar di Pelabuhan Merak Banten.

"Pelaksanaan uji petik ini dilakukan di seluruh pelabuhan terutama pada pelabuhan yang melayani angkutan laut lebaran, termasuk di pelabuhan penyeberangan seperti Merak," ujar Dirjen Agus usai memeriksa kapal KMP. Portlink III di Pelabuhan Merak Banten.

Agus menjelaskan, beberapa aspek kapal yang diperiksa mulai dari pemeriksaan fisik, dokumen, alat keselamatan, serta pemeriksaan teknis dan fasilitas lainnya.

"Tugas utama pemerintah adalah memastikan agar sarana dan prasarana transportasi laut termasuk Anak Buah Kapal (ABK) yang bertugas di atas kapal dalam kondisi baik dan siap mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran khsususnya pada masa angkutan lebaran tahun 2018," tegas Agus.

Selain KMP. Portlink III, tim uji petik juga melakukan pemeriksaan terhadap beberapa kapal penumpang yang sedang bersandar di Pelabuhan Merak, antara lain KMP. Trimas Kanaya, KMP. Siera dan KMP. Wira Artha.

Dari hasil pemeriksaan kapal-kapal tesebut katanya, tidak ada temuan mayor, hanya terdapat temuan kecil, misalnya buku catatan minyak bagian I tidak ada, buku catatan sampah tidak ada, ataupun prosedur oil water separator belum terpasang.

Beberapa aspek kapal yang diperiksa mulai dari pemeriksaan fisik, dokumen, alat keselamatan, serta pemeriksaan teknis dan fasilitas lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News