JPNN.com

Jelang Lebaran, Seperti ini Kondisi Jalan Tol Trans Sumatera

Jumat, 22 Mei 2020 – 19:20 WIB Jelang Lebaran, Seperti ini Kondisi Jalan Tol Trans Sumatera - JPNN.com
Check point Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Foto dok Hutama Karya

jpnn.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) memastikan kondisi JTTS kondusif di tengah larangan mudik lebaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Hingga hari ini, Hutama Karya telah melakukan berbagai persiapan agar bisa memberikan pelayanan optimal bagi kendaraan yang masih diizinkan untuk melintas di seluruh ruas tol yang dikelolanya termasuk di JTTS.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan persiapan yang telah dilakukan Hutama Karya tahun ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya, di mana persiapan kali ini lebih mengutamakan aspek protokol pencegahan Covid-19 yang ketat.

“Kami mendukung arahan pemerintah untuk tidak mudik pada lebaran kali ini. Meski begitu, kami tetap melakukan persiapan di ruas-ruas tol yang kami kelola seperti pembuatan posko lebaran dan check point, penyekatan di beberapa ruas tol, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan mengedepankan physical distancing di Tempat Istirahat Sementara (TIS). Khusus untuk di TIS, kami tidak mengizinkan penjulan makanan atau minuman, namun untuk berbagai fasilitas seperti SPBU, Musholla, Toilet akan tetap dibuka seperti biasa,” jelas Aries.

Sementara, check point dan penyekatan masing-masing berada di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), ruas tol Medan – Binjai (Mebi) Seksi 2&3, ruas tol Palembang – Indralaya (Palindra), dan Pekanbaru - Dumai (Permai) Seksi 1.

Di ruas tol Bakter, check point dan posko jalur lebaran tersebut tersebar di 6 titik yaitu di Rest Area KM 20B & 49A, Rest Area 87 A&B, dan KM 116 A&B.

Sementara di Ruas tol Terpeka terletak di Gerbang Tol (GT) Gunung Batin, GT Menggala, GT Lambu Kibang, GT Way Kenanga, GT Simpang Pematang, GT Kayu Agung, dan ada satu Posko tambahan di Rest Area 215.

“Hanya kendaraan yang memiki KTP dan plat kendaraan sesuai provinsi, menggunakan masker dan bersuhu tubuh normal yang boleh melintas dan kendaraan tersebut juga harus di periksa di setiap pos check point. Jika memenuhi kriteria yang ditetapkan melalui Permenhub No 25 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H, baru kendaraan tersebut diperbolehkan melintas," terang dia. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy