Jelang Libur Nataru, KSOP Muara Angke Lakukan Uji Petik 44 Kapal

Jelang Libur Nataru, KSOP Muara Angke Lakukan Uji Petik 44 Kapal
Bongkar muat kontainer di pelabuhan. Foto Ilustrasi: prokal

jpnn.com, JAKARTA - Ditjen Perhubungan Laut menggelar kegiatan Uji Petik Kelaiklautan Kapal Terpadu yang dilaksanakan di Pelabuhan Kali Adem (Muara Angke) Jakarta Utara, Selasa (19/11) lalu.

Uji petik ini dilakukan menjelang liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

"Komitmen kami adalah menciptakan pelayaran yang selamat, aman, dan nyaman. Uji petik ini merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan tidak hanya pada saat menghadapi Nataru dan Lebaran, melainkan dilakukan juga secara parsial dan insidental pada berbagai kesempatan," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke Capt. Handry Sulfian saat memimpin langsung uji petik kapal di Pelabuhan Kali Adem Jakarta.

Dirinya mengungkapkan pemeriksaan terpadu kelaiklautan kapal penumpang ini dilakukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke Jakarta Utara dan KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu. 

"Kegiatan uji petik terpadu kelaiklautan kapal ini merupakan bentuk sinergi positif Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Laut demi tercipta efisiensi dan efektifitas kegiatan," kata Capt. Handry.

Capt. Handry berharap agar para nakhoda bisa kooperatif dan akomodatif dengan para petugas pemeriksa kelaiklautan kapal atau marine inspector. 

"Hal ini dilakukan agar mencapai hasil pemeriksaan yang berkualitas," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Pengawas Keselamatan Pelayaran KSOP Kelas IV Muara Angke Ichwan Darmanto menambahkan kegiatan uji petik terpadu kelaiklautan kapal akan dilakukan hingga 16 Desember 2019 sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut.(chi/jpnn)

Pemeriksaan terpadu kelaiklautan kapal penumpang ini dilakukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke Jakarta Utara dan KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News