Jelang May Day, Presiden dan Menaker Makan Siang Bareng Buruh Pabrik Sepatu

Jelang May Day, Presiden dan Menaker Makan Siang Bareng Buruh Pabrik Sepatu
Presiden Jokowi saat makan siang bareng buruh pabrik sepatu di Tangerang, Banten, Selasa (30/4). Foto: kemnaker for JPNN

jpnn.com, TANGERANG - Sehari menjelang peringatan Hari Buruh internasional atau May Day 2019, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri makan siang bersama ribuan buruh PT KMK Global Sports di Tangerang, Banten, Selasa (30/4).

Mengenakan pakaian lengan panjang kemeja putih, Presiden tiba pukul 11.30 WIB, di pabrikan alas kaki yang mampu menghasilkan 1,5 juta pasang sepatu setiap bulan tersebut. Presiden langsung meninjau ruang produksi perusahaan yang memiliki 30 lini produksi dan menyerap tenaga kerja sebanyak 15.655 orang itu.

Kunjungan Presiden Jokowi disambut antusias para buruh yang sedang bekerja. Sebagian buruh bahkan meninggalkan pekerjaan mereka untuk bisa bersalaman dan berfoto bersama Jokowi.

Duduk sejajar di kursi panjang dengan buruh di ruang makan buruh KMK Sports, Jokowi menyantap makanan yang sama dengan buruh. Menunya yakni nasi putih, sop daging, tempe, telur dan buah salak.

Hadir juga mendampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan CEO KMK Global Sports C.K Song

Seusai mendampingi Presiden Jokowi makan siang bersama, Menaker Hanif Dhakiri kembali menyoroti masalah kaku/rigidnya ekosistem ketenagakerjaan sebagai salah satu problem utama dunia ketenagakerjaan.

“Ekosistem kita seperti kanebo kering, kakunya minta ampun. Padahal saat ini zaman serba digital dan dunia menjadi sangat fleksibel. Cari pekerja skilled tidak mudah, proses PHK berbelit-belit, hubungan kerja masih seperti power relations dan jam kerja juga kaku, “ lanjut Hanif Dhakiri.

Menurut Hanif Dhakiri, jam kerja yang kaku menyebabkan partisipasi perempuan di angkatan kerja tidak terlalu tinggi karena harus memilih antara di luar rumah atau di dalam rumah.

Sehari menjelang peringatan Hari Buruh internasional atau May Day 2019, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri makan siang bersama ribuan buruh PT KMK Global Sports di Tangerang, Banten, Selasa (30/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News