Jelang Natal, Operasi Pasar Beras Vietnam

Jelang Natal, Operasi Pasar Beras Vietnam
Jelang Natal, Operasi Pasar Beras Vietnam
JAKARTA - Menjelang Natal dan tahun baru, sejumlah menteri perekonomian meninjau harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Jakarta. Hasilnya, diketahui harga beras sudah naik, begitu pula dengan harga kebutuhan pokok lainnya. Peninjauan oleh sejumlah menteri itu dilakukan, Kamis (23/12), di pasar induk beras Cipinang (PIBC) dan Pasar Jatinegara. Pemerintah telah melakukan operasi pasar (OP) dengan menjual beras Vietnam.

Sejumlah menteri yang melakukan peninjauan itu antara lain, Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu, Menteri Negara BUMN Mustafa Abu Bakar, Menteri Pertanian Suswono, dan Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, mengatakan, kenaikan harga bukan karena stok yang kurang, melainkan disebabkan pengaruh musim panen. "Memang terdapat kenaikan harga beras medium dalam negeri, namun kenaikan ini karena pengaruh musim panen. Nanti, begitu masuk musim panen raya Februari-Juni, harga akan turun lagi,’’ kata Hatta.

Mengantisipasi harga beras yang terus merangkak naik, pemerintah telah melakukan operasi pasar (OP) dengan mengintensifkan target OP. Menurut Hatta, OP yang digelar menggunakan data BPS, tentang perbedaan kualitas beras yang di konsumsi masyarakat di berbagai daerah.

JAKARTA - Menjelang Natal dan tahun baru, sejumlah menteri perekonomian meninjau harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Jakarta. Hasilnya, diketahui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News