Jelang Nataru, Dirjen Udara Gelar Ramp Check Keselamatan

Jelang Nataru, Dirjen Udara Gelar Ramp Check Keselamatan
Ilustrasi. Penumpang di bandara sedang menunggu pesawat tiba. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang musim liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melakukan rampcheck untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi udara selama periode peak season akhir tahun.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso kembali melakukan rampcheck di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Rampcheck dimulai dari X-ray di terminal bandara sampai dengan pesawat Garuda Indonesia GA 816 tujuan rute Jakarta - Kuala Lumpur di apron.

Rampcheck kali ini merupakan validasi pelaksanaan rampcheck yang sudah dilakukan sebelumnya oleh para Inspector Ditjen Hubud.

"Kami sudah ramp check 446 pesawat dalam dua bulan terakhir, hasilnya tidak ada temuan yang mayor, hanya minor (kecil) saja dan sudah diminta untuk dilakukan langkah perbaikan. Hari ini kami mengulang lagi validasi-nya untuk memperkuat jaminan keselamatan penerbangan," ujar Agus.

"Saya telah instruksikan kepada semua jajaran di Ditjen Hubud untuk melakukan rampcheck dengan teliti untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan,” imbuh Agus.

Selain melakukan rampcheck, jajaran Ditjen Hubud juga akan melakukan pengawasan selama 22 hari mulai 18 Desember 2017 sampai 8Januari 2018.

Pengawasan tersebut akan dilakukan di 35 bandara yaitu di Banda Aceh, Medan, Lampung, Lombok, Gorontalo, Pekanbaru, Jakarta, Jayapura, Ternate, Ambon,Tanjung Pinang, Bandung, Palangkaraya, Biak, Batam, Semarang, Banjarmasin, Palembang,Surabaya, Pangkal Pinang, Jogjakarta, Balikpapan, Solo, Tarakan, Bengkulu, Denpasar,Palu, Kupang, Manado, Padang, Tangerang, Pontianak, Kendari, Makassar, dan Jambi.

Di setiap bandara di kota tersebut juga akan didirikan Posko Natal dan Tahun Baru. Selain berfungsi sebagai tempat pengawasan dan koordinasi petugas, posko juga disediakan bagi para penumpang yang memerlukan pertolongan terkait penerbangan. Akan disediakan petugas di setiap posko untuk melayani penumpang.

Agus berharap masyarakat memanfaatkan posko tersebut jika memerlukan pertolongan atau sedang mengalami masalah.

Nantinya akan disediakan petugas di setiap posko untuk melayani penumpang di bandara padat selama periode Natal 2017 dan Tahun Batu 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News