Jelang Piala AFF U-19, Pelatih Siapkan Uji Coba Lokal dan Internasional

Jelang Piala AFF U-19, Pelatih Siapkan Uji Coba Lokal dan Internasional
Eduard Tjong. Foto: Amjad/jpnn

jpnn.com - JAKARTA – Pelatih timnas U-19, Eduard Tjong hanya memiliki waktu efektif enam pekan untuk menyiapkan tim jelang berlaga di turnamen Piala AFF U-19 di Vietnam, 11 September mendatang. 

Pasalnya, mantan pelatih PS TNI itu, rencananya baru akan melakukan seleksi pemain pada pekan terakhir bulan ini. Tepatnya pada 25 Juli mendatang. 

Meski begitu, Edu—sapaan akrab Eduard—telah merencanakan jadwal uji coba yang sangat masif bagi tim besutannya nanti. Ya, dari program latihan yang disusun oleh Edu, ada sekitar enam sampai tujuh pertandingan uji coba yang akan dia ajukan ke PSSI. 

“Sekitar dua atau tiga bersama tim lokal, sisanya ujicoba internasional,” kata Edu. 

Nah, siapa saja negara yang sudah dibidik oleh Edu sebagai lawan latih tanding dalam pertandingan ujicoba internasional nanti?. Edu hanya bisa geleng kepala. Menurutnya, semua lawan tersebut belum bisa dipublikasikan karena masih dalam godokan PSSI. ''Nanti kalau PSSI sudah oke baru kami publikasikan,” kilahnya. 

Terlepas dari itu, tantangan Edu di turnamen kali ini bisa dibilang cukup berat. Sebab, selain waktu persiapan yang sangat mepet, Indonesia juga harus bergabung dengan tim neraka di grup B bersama Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar dan Australia. Namun, Edu optimistis dia bisa melewati rintangan tersebut. 

Dalam perkembangan yang sama, Sekjen PSSI Azwan Karim  mengatakan bahwa, kepercayaan kursi kepelatihan yang mereka berikan ke Edu tersebut berlangsung secara profesional. Salah satunya dengan memberikan nilai kontrak besar kepada mantan pelatih Persiram Raja Ampat itu. Sayang, Azwan enggan membocorkan nilai kontrak Edua tersebut. 

“Pasti adalah, karena dia (Edu, red) seorang pelatih profesional, jadi kami memperlakukannya secara profesional pula,” ungkapnya. Terkait target, Azwan mengatakan bila mereka enggan membebani tim dengan target tinggi dengan melihat persiapan tim yang tidak ideal.”Kami realistis saja,” kata pria asal Jakarta itu. (ben/ko/ray/jpnn)


JAKARTA – Pelatih timnas U-19, Eduard Tjong hanya memiliki waktu efektif enam pekan untuk menyiapkan tim jelang berlaga di turnamen Piala AFF


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News