Jembatan Ampera Bakal Dipasang Lift, Bisa Melihat Keindahan Sudut Kota Palembang

Jembatan Ampera Bakal Dipasang Lift, Bisa Melihat Keindahan Sudut Kota Palembang
Jembatan Ampera Palembang yang akan dipasang lift otomatis. Foto: Cuci Hati/jpnn

jpnn.com, PALEMBANG - Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) melalui Satuan Kerja (Satker) Pekerjaan Jalan (PJN 3) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memasang tangga atau lift otomatis di Jembatan Ampera.

Nantinya lift tersebut akan membawa pengunjung menikmati pemandangan sudut kota dari puncak.

"Secara teknis Pemkot juga meminta BBPJN Sumsel untuk mengkaji lebih rinci soal pemasangan lift tersebut," ungkap Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo, Selasa (15/5).

Salah satunya, seperti Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumatra Selatan (BBPJN Sumsel) harus melihat kontruksi dan kondisi Jembatan Ampera lebih rinci agar tidak merusak keaslian bangunan.

"Lebih dikaji ini mengingat keberadaan Ampera yang sudah lama, takutnya jika dilakukan pemasangan lift kontruksinya tidak kuat," kata Harno.

Harnojoyo berharap dengan pemasangan lift tidak menimbulkan polemik. Terlebih di  kalangan Perkumpulan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Palembang.

"Kami harus melibatkan persetujuan mereka untuk penilaian kajian akademis selain fokus memaksimalkan keberadaan dua tower Jembatan Ampera," terang Harno. 

Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) 3 PPK 3,6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel Dicky Romansyah mengatakan pemasangan lift di Jembatan Ampera sudah melalui proses perencanaan dan melibatkan pembahasan, perhitungan serta pengkajian Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan bahwa pemasangan lift di Jembatan Ampera perlu dilakukan pengkajian ulang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News