Jembatan di Kayutanam Putus, Perekonomian Warga Terganggu

Jembatan di Kayutanam Putus, Perekonomian Warga Terganggu
Jembatan di Korong Pasa Usang Nagari Kayutanam, Padang Pariaman, Sumbar, putus mulai diperbaiki. Foto: YouTube

jpnn.com, PADANG - Pemerintah provinsi Sumbar mulai memperbaiki jembatan putus yang menghubungkan Padang-Bukittinggi di Korong Pasa Usang Nagari Kayutanam, Kecamatan 2x11 Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (11/12).

"Jembatan yang putus itu, akan dipasang jembatan panel. Jembatan panel ini sifatnya untuk sementara. Tapi bisa digunakan untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4, " ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Sumatera Barat Fathol Bari seperti dilansir Padang Ekspres hari ini (12/12).

Untuk sementara, Fathol mengharapkan arus lalu lintas yang dari Bukittinggi menuju Padang sebaiknya melewati Malalak atau via Solok. "Mudah-mudahan, beberapa hari ke depan jembatan panel tersebut bisa selesai dibangun. Semoga cuaca tetap bersahabat, " katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Erman Rahman memastikan bencana longsor dan jembatan yang terjadi di sejumlah titik senin (10/12), tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kalau kerugian tentu ada. Namun, kami sedang menghitungnya. Belum bisa disampaikan ke publik. Yang jelas, jembatan putus itu untuk memperbaikinya butuh anggaran cukup besar, " jelasnya.

Erman Rahman menyebut selain di Kayutanam, jembatan putus juga terjadi Palupuah, Kabupaten Agam. Namun, saat ini berbagai upaya telah dilakukan agar situasi kembali normal secepatnya.

"Informasi yang kami dapatkan, tadi material untuk perbaikan jembatan sudah datang. Dan malam ini (selasa malam, red), langsung dilakukan pengerjaan, " jelasnya.

Terkait dengan tingginya intensitas hujan saat ini, Erman mengharapkan masyarakat untuk ekstra hati ketika melewati jalan yang dikelilingi area perbukitan seperti Malalak. "Bagi yang tinggal di dekat area perbukitan dan aliran sungai, juga kami harapkan tetap waspada. Terutama sore hingga malam hari, " katanya.

Pemerintah provinsi Sumbar mulai memperbaiki jembatan putus di Korong Pasa Usang Nagari Kayutanam Kecamatan 2x11 Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News