Jembatan Kali Kuto Dipastikan Siap Melayani Arus Balik

Jembatan Kali Kuto Dipastikan Siap Melayani Arus Balik
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat meninjau Jembatan Kali Kuto yang menjadi salah satu titik kepadatan arus balik. Foto: istimewa

jpnn.com, JAWA TENGAH - Jembatan Kali Kuto yang terletak di ruas tol fungsional Batang - Semarang dan sebaliknya, dipastikan bisa kembali dilalui pada masa arus balik mudik 2018.

Saat ini, jembatan Kali Kuto sudah ditutup untuk arus mudik dan sudah dibuka kembali khusus untuk arus balik kendaraan dari Semarang menuju Batang.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama PT Waskita Karya selaku kontraktor dan pengembang ruas tol Semarang - Batang pun terus memantau kelayakan jembatan fungsional tersebut agar bisa dilalui dengan lancar oleh para pemudik.

"Jembatan Kali Kuto aman dan siap digunakan secara fungsional untuk arus balik lebaran 2018. Namun kami tetap mengimbau kepada para pengendara agar selalu berhati-hati saat melintasi jembatan tersebut dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang disediakan," kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang.

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan antrian di jembatan Kali Kuto, Waskita Karya sudah berkordinasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah untuk menerapkan rekayasa lalu lintas di lapangan mengingat jembatan ini baru difungsikan satu jalur.
Salah satunya adalah dengan mengalihkan sebagian kendaraan ke jalan nasional, kemudian diarahkan kembali masuk ke tol fungsional.

Jembatan Kali Kuto memiliki bobot seberat 2.400 ton dengan material baja yang dirakit di tiga tempat berbeda yakni di Serang, Tangerang, dan Pasuruan. Panjang bagian utama Jembatan Kalikuto yaitu 100 meter, dengan dua jembatan di sampingnya masing-masing berukuran 30 meter.

Pemasangan Jembatan Kali Kuto setiap bagiannya dilakukan secara bertahap mulai dari segmen 1 hingga segmen ke-12. Jembatan ini terdiri dari 6 jalur, tiga jalur di arah kiri dan tiga jalur di arah kanan. Sedangkan pada bagian pinggir jembatan akan diberi tali penyangga dari kawat besar.(chi/jpnn)


Jembatan Kali Kuto aman dan siap digunakan secara fungsional untuk arus balik lebaran 2018.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News