Jembatan Kartini Bakal Bisa Dilewati Kembali

Jembatan Kartini Bakal Bisa Dilewati Kembali
Petugas terus mengebut perbaikan jembatan Kartini Surabaya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Setelah meleset dua kali, target penyelesaian konstruksi Jembatan Kartini kembali menemui titik terang. Pelaksana konstruksi menjanjikan jembatan itu bisa dimanfaatkan lagi dua pekan mendatang. Kabel utilitas yang menjadi penghalang pengerjaan proyek sudah dipindahkan pekan lalu.

Sebelumnya ada tiga kabel utilitas yang menghalangi renovasi Jembatan Kartini. Letaknya yang melintang di sisi utara jembatan menghalangi proyek. Sisi utara itu masih berupa rangka baja dan belum dicor.

''(Kabel utilitas) yang terakhir baru diangkat tanggal 27 (Agustus),'' ujar Ketua Pelaksana Pengerjaan Jembatan Kartini Dani Irawan.

Kini Dani dan timnya berfokus membangun tahap akhir jembatan tersebut. Pengerjaan jalur pedestrian sisi utara segera diselesaikan. Sebab, selama ini seluruh sisi selatan sebenarnya sudah rampung. Termasuk jalur pedestrian di sisi tersebut. ''Sembari menunggu itu (pemindahan kabel utilitas), kami kerjakan lain-lainnya,'' tambahnya.

Baja dipasang tepat setelah kabel terakhir diangkat. Selama seminggu kerangka-kerangka tersebut sudah berada di posisinya. Saat ini pelaksana proyek beralih melakukan pengecoran. ''Setelah ngecor, kami butuh menunggu seminggu supaya betonnya jadi,'' paparnya.

Begitu rampung, pengerjaan akan memasuki tahap pengaspalan. Seluruh bagian jembatan akan dilapisi aspal. Beberapa ornamen juga akan dipasang di trotoar sisi utara. Layaknya ornamen yang kini bertengger di sisi selatan. Dia optimistis dua minggu lagi Jembatan Kartini bisa dilalui seperti biasa. Sebab, dalam seminggu saja pengerjaan aspal bisa dikebut. (bin/c15/ady) 

Sebelumnya ada tiga kabel utilitas yang menghalangi renovasi Jembatan Kartini. Letaknya yang melintang di sisi utara jembatan menghalangi proyek


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News