Jembatan Timbang Ajibarang Resmi Beroperasi

Jembatan Timbang Ajibarang Resmi Beroperasi
Petugas sedang memeriksa truk saat melintas di jembatan timbang. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, BANYUMAS - Jembatan Timbang Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah mulai, Sabtu (15/9) kemarin resmi dioperasikan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan uji coba alat penimbangan portable di Jembatan Timbang Ajibarang.

"Pelaksanaan uji coba berjalan dengan baik dan siap untuk dioperasikan," ujar Budi.

Budi berharap pengoperasian Jembatan Timbang Ajibarang bisa menurunkan tingkat pelanggaran serta kecelakaan yang sering terjadi di wilayah Flyover Kretek maupun wilayah lainnya di Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan hasil penimbangan kendaraan bermotor angkutan barang di Jembatan Timbang Ajibarang yang telah dilaksanakan mulai Mei sampai dengan Juni 2018 dengan menggunakan alat timbang portable, terdapat 64 persen kendaraan angkutan barang yang melakukan pelanggaran muatan baik pelanggaran overdimensi maupun pelanggaran overloading.

"Banyak pengusaha yang mengabaikan aspek safety, karena lebih mementingkan keuntungan di banding keselamatan," tandas Budi.(chi/jpnn)


Budi berharap pengoperasian Jembatan Timbang Ajibarang bisa menurunkan tingkat pelanggaran serta kecelakaan yang sering terjadi di wilayah Flyover Kretek.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News