Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI, Surpres Sudah Diterima DPR

Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI, Surpres Sudah Diterima DPR
Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI, Surpres sudah diterima pimpinan DPR. Ilustrasi Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi mengajukan nama Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang pensiun per 1 Desember 2021.

Usulan Jokowi tersebut tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) mengenai usulan calon Panglima TNI yang sudah diserahkan kepada pimpinan DPR.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengakui sudah menerima Surpres tersebut.

"Pimpinan DPR RI menerima Surat Presiden (Surpres) mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal TNI Andhika Perkasa untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki pensiun," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/11).

Puan Maharani menjelaskan Presiden Jokowi dalam suratnya mengusulkan hanya satu nama calon Panglima TNI kepada di DPR RI untuk mendapatkan persetujuan.

DPR, lanjut Puan, akan segera menindaklanjuti Surpres tersebut sesuai dengan mekanisme yang berlaku, yaitu akan menugaskan Komisi I DPR RI untuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan.

"Selanjutnya, Komisi I DPR RI akan melaporkan hasil pelaksanaan uji kelayakan di dalam Rapat Paripurna untuk dapat memberikan persetujuan calon Panglima TNI usulan presiden," kata Puan Maharani. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Presiden Jokowi sudh mengirim Surpres kepada DPR, mengajukan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News