Jenderal Andika Perkasa Keluarkan Perintah, Ini Soal Darah

Jenderal Andika Perkasa Keluarkan Perintah, Ini Soal Darah
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersama para Pangdam se-Indonesia di Markas Besar TNI AD beberapa waktu lalu. Foto: Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menginstruksikan jajarannya, khususnya di DKI Jakarta dan Tangerang untuk membantu mencukupi persediaan darah di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

"Ketersediaan kantong darah RSPAD sudah menipis. Saya arahkan prajurit TNI AD region DKI Jakarta dan Tangerang untuk mendonorkan darah," kata Jenderal Andika, Rabu (29/4).

Arahan tersebut disampaikan saat telekonferensi berkala RSPAD Gatot Soebroto Jakarta dengan KSAD dan jajaran pimpinan TNI AD terkait laporan progres penanganan COVID-19.

KSAD mendapatkan laporan mengenai stok darah di RSPAD yang sudah sangat menipis.

Laporan tersebut disampaikan Wakil Kepala RSPAD Brigjen TNI dr. A. Budi Sulistiya yang mengatakan RSPAD telah memiliki perlengkapan transfusi darah, tetapi stok darah di RSPAD sangat darurat sehingga jika ada pasien yang membutuhkan transfusi darah, pihak RSPAD akan meminta keluarga pasien yang bergolongan darah sama untuk mendonorkan darahnya.

Menanggapi hal tersebut, Jenderal Andika memberikan instruksi kepada Asisten Operasi untuk mendata jajaran TNI AD yang ada di Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan donor darah dengan RSPAD.

"Kemarin kami membantu PMI, sekarang mohon sampaikan ke jajaran untuk membantu stok darah RSPAD," ujar Jenderal Andika.

Ia menginstruksikan jajaran TNI AD di Jakarta dan sekitarnya yang belum donor darah di PMI untuk didata agar bisa membantu persediaan darah RSPAD.

Buat anggota TNI AD, khususnya di Jakarta dan Tangerang, ini ada instruksi dari Jenderal Andika Perkasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News