Selasa, 20 November 2018 – 05:36 WIB

Sertijab Kapuspen TNI

Jenderal Gatot: Puspen TNI Sebagai Penjuru Terdepan...

Rabu, 30 September 2015 – 09:17 WIB
Jenderal Gatot: Puspen TNI Sebagai Penjuru Terdepan... - JPNN.COM

Mayor Jenderal TNI Endang Sodik, M.B.A (kiri) dan Brigadir Jenderal TNI Tatang Sulaiman (kanan) melaksanakan Salam Komando usai upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapuspen TNI yang dipimpin Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Kantor Panglima TNI Merdeka Barat Jakarta Pusat, Selasa (29/9). FOTO: DOK.Puspen TNI

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) dari Mayor Jenderal TNI Endang Sodik, M.B.A kepada Brigadir Jenderal TNI Tatang Sulaiman.

“Pusat Penerangan (Puspen) TNI adalah penjuru terdepan dalam mengelola serta mengkomunikasikan kembali informasi ke ruang publik. Oleh sebab itu, Puspen TNI secara aktif dan proaktif harus mampu menghadirkan kinerja Penerangan TNI, yang berkualitas, tepat dan akurat,” tegas Panglima TNI saat sambutan pada upacara Sertijab Kapuspen TNI, di Kantor Panglima TNI Merdeka Barat Jakarta Pusat, Selasa (29/9).

Panglima TNI mengingatkan untuk memahami, bahwa era demokrasi menuntut pola komunikasi dua arah yang masing-masing pihak ikut terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, dalam melakukan komunikasi dengan publik, Puspen TNI harus benar-benar mampu memahami wilayah imajinasi publik terhadap TNI, sehingga komunikasi berjalan efektif.

Efektivitas komunikasi akan bisa diperoleh manakala informasi yang disampaikan oleh Puspen TNI bisa diterima, dipercaya, kemudian juga dilaksanakan oleh publiknya baik internal maupun eksternal.

Menurutnya, Puspen TNI sebagai sumber utama informasi TNI dan juru bicara Panglima TNI, apa yang disuarakan oleh Pusat Penerangan TNI, tidak kontraproduktif melainkan kontributif. Sehingga mampu memberi penguatan baik yang bersifat internal maupun eksternal, atas segala peran dan tugas pokok TNI.

Lebih lanjut, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menekankan, agar banyak hal yang dilakukan oleh TNI harus dikomunikasikan kepada publik. Di sini, kata Gatot, peran Puspen TNI dituntut semakin gencar untuk menginformasikan apa yang telah dilakukan dan dikerjakan oleh Prajurit TNI sehingga reputasi TNI, baik secara institusi maupun individu prajurit diketahui dan diakui oleh masyarakat luas.

Ruang publik berupa media massa cetak maupun elektronik serta media sosial sudah sedemikian besar yang memberi akses untuk Puspen TNI berkiprah sebagaimana tugas pokok dan fungsinya.

“Lakukan liputan apapun yang dikerjakan oleh TNI, kemudian sebarluaskan secara baik seluruh kegiatan itu,” katanya.

SHARES
TAGS   TNI
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar