Jepang Kejar Kebanggaan, Hapus Kutukan

Jepang Kejar Kebanggaan, Hapus Kutukan
KEBANGGAAN - Shinji Okazaki dan rekannya, saat merayakan gol mereka dalam laga melawan Denmark, di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, 24 Juni lalu. Foto: Jeff Mitchel/Getty Images/FIFA.com.
PRETORIA - Ada dua misi yang diemban Jepang saat menghadapi Paraguay petang nanti. Tim Samurai Biru - julukan timnas Jepang - tak hanya mengejar kebanggaan sebagai satu-satunya wakil Asia yang masih bertahan di fase knockout. Jepang juga mengemban misi menghapus kutukan tim-tim Asia atas Amerika Selatan.

Ya, hingga kini, belum ada satu pun wakil Asia yang mampu mengalahkan tim asal Amerika Selatan di kancah Piala Dunia. Dari sepuluh kali pertemuan, wakil Amerika Selatan delapan kali mengalahkan tim Asia. Sedangkan dua laga lainnya berakhir seri.

Hasil seri itu dibukukan Korea Selatan (Korsel) ketika menahan imbang Bolivia pada 1994, serta hasil seri Korea Utara (Korut) saat bertemu Cile di Piala Dunia 1966. "Tak ada wakil Amerika Selatan di grup kami. Karena itu, menghadapi Paraguay, kami harus bermain lebih keras serta tak boleh kehilangan spirit," cetus Shinji Okazaki, striker Jepang, kepada Sky Sports.

Okazaki mengungkapkan, penampilan ngotot dan sedikit keras merupakan cara yang paling efektif untuk meredam Paraguay. Sebab, mayoritas tim asal Amerika Selatan memiliki karakter permainan semacam itu.

PRETORIA - Ada dua misi yang diemban Jepang saat menghadapi Paraguay petang nanti. Tim Samurai Biru - julukan timnas Jepang - tak hanya mengejar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News