Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama, Apa yang Salah?

Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama, Apa yang Salah?
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Hampir semua orang pernah terganggu dengan kemunculan jerawat. Jerawat bisa menimbulkan rasa tak nyaman, nyeri, dan mengganggu penampilan jika tumbuh di wajah. Ini bisa bikin waswas apalagi jika jerawat kerap muncul di tempat yang sama. Apa, sih, penyebabnya?

Dalam istilah medis, jerawat dikenal dengan istilah acne. Jerawat merupakan peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Jerawat bisa muncul di mana saja, selama terdapat kelenjar sebum dan folikel rambut.

Sumbatan pori-pori kulit penyebab jerawat dapat disebabkan oleh kotoran, sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak kulit), dan bakteri yang menumpuk. Itu semua dapat menyebabkan reaksi radang, dan ini bisa menyebabkan infeksi.

Penyebab jerawat kerap muncul di tempat yang sama

Jerawat sendiri terdiri dari tiga tipe, yaitu komedo, jerawat radang dan juga jerawat tipe kista. Jika Anda kerap mengalami tumbuhnya jerawat di tempat yang sama, kemungkinan penyebabnya antara lain:

1. Jerawat tersebut mungkin adalah jerawat tipe kista

Jerawat yang terdapat jauh di dalam kulit dan sering muncul pada tempat yang sama mungkin merupakan jerawat tipe kista. Untuk bisa sembuh, jerawat tipe ini biasanya butuh waktu lama, hitungan minggu hingga bulan.

Jerawat tipe kista dapat membesar dan mengecil sesuai dengan jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak kulit. Untuk mengatasi kondisi ini secara tuntas, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Jerawat bisa menimbulkan rasa tak nyaman, nyeri, dan mengganggu penampilan jika tumbuh di wajah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News