Jerman Raih Tiket Terakhir

Jerman Raih Tiket Terakhir
Jerman Raih Tiket Terakhir
ATHENA – Lengkap sudah 12 tim yang akan bertanding pada cabang bola basket pria Olimpiade Beijing 2008. Tempat terakhir dimiliki oleh Jerman. Kepastian tersebut diperoleh Jerman usai menundukkan Puerto Riko 96-82 di laga terakhir turnamen kualifikasi olimpiade yang berlangsung di Athena, Yunani, Senin dinihari WIB.

   Langkah tersebut membuat Jerman menyusul Yunani dan Kroasia yang memastikan tiket sehari sebelumnya. Turnamen tersebut memang memperebutkan tiga tiket sisa menuju Beijing, Tiongkok. Itu berarti, ketiga negara tersebut menyusul sembilan negara lain yang sudah lolos tanpa jalur kualifikasi.

   Bagi Jerman, kesuksesan lolos ke olimpiade adalah yang kelima kalinya. Namun, sejak Olimpiade Barcelona 1992, Jerman tak berhasil lolos ke olimpiade. Jadi, pengalaman menuju Olimpiade Beijing adalah yang pertama kalinya bagi para pemain yang saat ini memperkuat tim nasional Jerman, termasuk Dirk Nowitzki.

   Nowitzki yang memperkuat tim NBA Dallas Mavericks, menjadi bintang utama kemenangan Jerman atas Puerto Riko. Dia berperan sebagai mesin poin Jerman dengan 32 poin. Sementara, Steffen Hamann dan Demond Greene menambahkan 19 dan 15 poin.

   ‘’Kami masuk ke pertandingan dengan rasa percaya diri yang tinggi. Kami tak ingin sejarah yang sudah di depan mata tertunda lagi. Semua pemain tampak mendapatkan hari baik dan mengurangi beban yang ada di pundak Dirk,’’ tutur Greene.

   Bintang NBA lainnya di kubu Jerman, Chris Kaman juga berperan besar dengan raihan 10 poin dan 12 rebound. Dia sangat terkesan dengan tiket kelolosan yang diperoleh negara barunya itu.

   ‘’Saya baru 12 hari bersama tim ini, tapi Dirk sudah menunggu 12 tahun untuk momen seperti ini,’’ ungkap Kaman pada situs resmi turnamen. ‘’Saya tak dapat membayangkan emosi yang dirasakannya saat ini,’’ tambahnya.

   Dengan hasil tersebut, FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) Zona Eropa sukses mengirimkan enam wakilnya ke olimpiade. Sementara, kegagalan Puerto Riko membuat FIBA Zona Amerika hanya memiliki dua wakil, yaitu pemilik medali emas Olimpiade Athena 2004 Argentina dan kandidat juara Amerika Serikat (AS).

ATHENA – Lengkap sudah 12 tim yang akan bertanding pada cabang bola basket pria Olimpiade Beijing 2008. Tempat terakhir dimiliki oleh Jerman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News