Jerry Massie Yakin Jokowi Condong ke Airlangga Hartarto

Jerry Massie Yakin Jokowi Condong ke Airlangga Hartarto
Jokowi dan Airlangga Hartarto. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Peta persaingan di bursa calon ketua umum (ketum) Partai Golkar masih mengerucut pada Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, menilai Airlangga Hartarto lebih memiliki kedekatan personal dengan Jokowi, sehingga layak jika disebut-sebut mendapat dukungan dari Istana.

"Presiden punya pilihan. Namun, saya nilai Jokowi lebih condong ke Airlangga," kata Jerry dalam keterangannya, Kamis (12/9).

Jerry melanjutkan, sifat Airlangga yang tenang, membuat tokoh senior partai Golkar seperti Agung Laksono, Akbar Tanjung, Jusuf Kala, Aburizal Bakrie masih mendukungnya.

"Memang selama ini Airlangga tetap setia mendukung Jokowi. Tapi dalam politik satu detik keputusan bisa berubah. Jangan salah Jokowi juga bakal minta petunjuk dan arahan Megawati," ujarnya.

Baginya, restu dari Presiden Jokowi sangat penting bagi ketua Golkar. Untuk jatah dengan 85 kursi dari hasil torehan Golkar di DPR, maka kemungkinan Golkar tetap meraih jatah 3 kursi menteri. Kalaupun 4 itu hasil kerja keras Airlangga Hartarto.

Dan, sosok Airlangga, dinilai mampu mengamankan jatah menteri yang nantinya akan diberikan Jokowi.

Dia melihat, sejauh ini ketua DPD dan DPC masih banyak yang setia pada Airlangga. Berbeda dengan Bambang Soesatyo. Baginya persiapan Bamsoet terlalu singkat. Memang untuk pendekatan dan lobi perlu waktu lama. Sedangkan Bamsoet sendiri persiapanya bisa dikatakan prematur.

Bicara soal persaingan di bursa calon ketum Partai Golkar, Jerry Massie, menilai Airlangga Hartarto lebih memiliki kedekatan personal dengan Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News