Jika Seluruh Honorer K2 jadi CPNS, Ini Total Gaji per Tahun

Jika Seluruh Honorer K2 jadi CPNS, Ini Total Gaji per Tahun
Jika seluruh honorer K2 diangkat jadi CPNS, dibutuhkan dana Rp 37 triliun per tahun untuk gaji dan tunjangan mereka. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah menuturkan rencana rekrutmen CPNS 2018 masih dikaji mendalam terkait keberadaan tenaga honorer K2 (kategori dua). Politikus partai Golkar itu mengatakan hasil pendataan terkini jumlah tenaga honorer K2 mencapai 353.580 orang.

’’Kalau mereka diangkat semuanya membutuhkan anggaran Rp 37 triliun per tahun untuk gaji dan tunjangan-tunjangan,’’ jelasnya.

Sementara itu dari 353 ribuan tenaga honorer K2 tersebut, yang memenuhi kriteria untuk mendaftar CPNS sesuai dengan UU 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) hanya 13.347 orang.

Kriteria tersebut seperti usia di bawah 35 tahun dan minimal bergelar sarjana bagi pelamar formasi guru. Ferdiansyah mengatakan jika pemerintah mengakomodasi pengangkatan 13 ribuan tenaga honorer yang memenuhi kriteria tersebut, dibutuhkan anggaran baru sebesar Rp 1,1 triliun per tahun untuk gaji dan tunjangan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan sudah mendapatkan lampu hijau dari Menpan RB terkait usulan pengangkatan 100 ribu guru baru. ”Alhamdulillah, sudah kami bicarakan dengan Bapak Wakil Presiden,” kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan bahwa penentuan proporsi guru yang diangkat baik dari honorer maupun kategori guru CPNS jalur umum, bukanlah kewenangannya. Proses seleksi penerimaan CPNS guru sepenuhnya menjadi kewenangan Kemenpan RB.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hanya akan menyampaikan kriteria-kriterianya sesuai kebutuhan.

”Jadi 100 ribu itu tidak musti dari honorer semua ya, walaupun honorer tetap akan diprioritaskan untuk mengikuti seleksi,” tutur Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah menyebutkan, jumla honorer K2 yang memenuhi persyaratan untuk diangkat jadi CPNS hanya 13.347 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News