JK: Bagi Saya, Pemilu 2024 Menjadi yang Terburuk Sejak 1955

JK: Bagi Saya, Pemilu 2024 Menjadi yang Terburuk Sejak 1955
Mantan Wapres Jusuf Kalla. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wapres ke-12 RI Jusuf Kalla atau JK menganggap pelaksanaan pemilu 2024 menjadi yang terburuk sepanjang Indonesia melaksanakan kontestasi politik pada 1955.

Hal itu disampaikan JK saat menghadiri acara Election Talk #4, Konsolidasi untuk Demokrasi Pasca Pemilu 2024: Oposisi atau Koalisi di area Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (7/3).

"Bagi saya, saya pernah mengatakan ini adalah pemilu yang terburuk dalam sejarah pemilu Indonesia sejak 1955," kata JK.

Eks Ketum Golkar itu beralasan pelaksanaan pemilu 2024 diduga diatur orang dalam pemerintahan sehingga kontestasi politik pada tahun ini dianggap yang terburuk.

"Artinya itu demokrasi pemilu yang kemudian diatur oleh minoritas, artinya orang yang mampu, orang pemerintahan, orang-orang yang punya uang," ungkap JK.

Selain itu, Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu membeberkan banyak permasalahan sehingga pemilu 2024 menjadi pelaksanaan demokrasi terburuk.

Misalnya, muncul penggunaan dana bansos yang besar, ancaman terhadap pihak tertentu, hingga bujukan agar tidak muncul sikap kritis.

"Gabungan dari semua itu tentu menyebabkan adanya saya katakan tadi, maka demokrasi yang kami harapkan mendambakan suara rakyat, menjadi terbeli oleh kemampuan-kemampuan para hal yang menentukan pemilu yang lalu, itu yang terjadi," kata JK.

Wapres ke-12 RI Jusuf Kalla menilai pelaksanaan pemilu 2024 dan dinilai sebagai yang terburuk sepanjang Indonesia melaksanakan kontestasi politik pada 1955.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News