JK : Bangun Negeri dengan Otot dan Otak Sendiri

JK : Bangun Negeri dengan Otot dan Otak Sendiri
JK : Bangun Negeri dengan Otot dan Otak Sendiri
JAKARTA - Capres nomor urut 3 Jusuf Kalla (JK) menilai Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri sepanjang masyarakatnya berani mulai menggunakan otak dan otot sendiri membangun negeri. Jika tidak, kemandirian bangsa yang mendesak ditegakkan sulit terwujud.

"Suatu bangsa tidak akan maju jika bangsa itu tidak mau merubah dirinya. Kita harus siap maju dengan segala kekuatan kita sendiri. Jangan lagi pakai otak dan otot orang lain," tegas JK di Jakarta, Sabtu (6/6).

Selama ini, katanya, pembangunan dalam negeri khususnya pengembangan infrastruktur perhubungan darat dan laut maupun pengelolaan SDA terlalu banyak bersandar pada sumber daya asing. Sementara SDM dalam negeri justru sendiri terseret sekadar menjadi pelengkap.

Lebih jauh yang terjadi, ulasnya, kekayaan alam Indonesia dikelola asing dengan sharing pendapatan yang sangat minim untuk bangsa. Padahal, urai JK, andai saja masyarakat mau, dengan otak dan otot kita sendiri, bisa lebih cepat dan lebih baik. "Saya tidak mengatakan hal ini akan saya jalankan, melainkan semua itulah yang telah saya jalankan selama ini. Kita punya kekurangan, tapi kekurangan itu harus bisa kita perbaiki sendiri," tegas JK lagi.

JAKARTA - Capres nomor urut 3 Jusuf Kalla (JK) menilai Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri sepanjang masyarakatnya berani mulai menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News