JK: Penjualan Bank Mutiara Bukti Ada Kerugian Negara

JK: Penjualan Bank Mutiara Bukti Ada Kerugian Negara
JK: Penjualan Bank Mutiara Bukti Ada Kerugian Negara

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat bicara soal kabar penjualan Bank Mutiara kepada perusahaan asal Jepang, J-Trust Co dengan harga murah. Kabarnya, harga penjualannya jauh dibawah jumlah Rp 8,1 triliun seperti yang digelontorkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sewaktu bernama Bank Century.

Menanggapi itu, JK menyatakan itu sudah menjadi resiko dalam bisnis.

"Pertama kasus Bank Century itu pada akhirnya kerugian negara ada kan. Selama dijual Bank Mutiara itu lebih kecil dari pengeluaran pemerintah ya Rp 8 triliun. Artinya di situ membuktikan ada kerugian negara. Namun demikian juga ini bisnis tentu ada resiko," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Rabu, (12/11).

Menurutnya, Bank Mutiara harus segera dijual karena hanya akan menimbulkan kerugian yang cukup besar. JK mengatakan proses penjualan Bank Mutiara ini sudah sesuai dengan Undang-Undang.

"Penjualan itu disahkan, UU mengatakan sendiri setelah sekian tahun dikelola Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), harus dijual, berapa pun harganya. Namanya kerugian makin lama disimpan makin besar ruginya kan," sambungnya.

Ia pun mengaku dapat memahami jika J Trust Co, perusahaan investasi asal Jepang, memberikan sejumlah syarat dalam pembelian itu.

"Dalam perjanjian dengan pihak J Trust itu ada juga kondisi-kondisi. Tapi ada kondisi-kondisi tertentu, itu wajar saja. Dimana-mana orang negosiasi tertentu ada pra-kondisi," tandas JK. (flo/jpnn)


JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat bicara soal kabar penjualan Bank Mutiara kepada perusahaan asal Jepang, J-Trust Co dengan harga murah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News