Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS, Anthon Sihombing: Kabar Baik Bagi Indonesia

Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS, Anthon Sihombing: Kabar Baik Bagi Indonesia
Politikus Partai Golkar, mantan anggota Komisi V DPR RI Capt Dr. Anthon Sihombing. Foto: Dokpri for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Joe Biden terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) merupakan kabar baik bagi Indonesia, terutama dari sisi ekonomi.

Sebab, gaya politik Partai Demokrat yang moderat, akan mengurangi ketegangan antara Tiongkok dengan AS, sehingga perang dagang yang selama presiden Donald Trump meninggi akan berkurang.

“Kondisi inilah yang harus diperhatikan Indonesia, karena perang dagang telah mengurangi perdagangan luar negeri Indonesia, sehingga kalau reda maka peluang perdagangan Indonesia akan makin positif,” kata mantan anggota Komisi V DPR RI Capt Dr. Anthon Sihombing kepada wartawan di Jakarta, Minggu (8/Nop 20) menanggapi Pemilu AS untuk memilih Presiden.

Politikus Partai Golkar dan aktivis 66 ini mengemukakan, jika dilihat dari kepentingan pebisnis atau kapitalis, Presiden dari Republik adalah sandaran yang nyaman.

Sering kali kebijakan moneter dijadikan sebagai instrumen untuk menggairahkan ekonomi sehingga mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Itu sebabnya, pada masa pemerintahan Trump, pertumbuhan ekonomi AS melonjak tinggi.

Berbeda dengan presiden dari Partai Demokrat, kebijakan moneternya tidak direkayasa untuk pertumbuhan ekonomi semata, melainkan untuk stablisasi harga barang dan jasa guna menjamin kesejahteraan rakyatnya. Yang diutamakan bukan kapitalisasi, tetapi kesetaraan dan keadilan sosial, melalui tunjangan sosial.

Anthon Sihombing berharap, Indonesia perlu konsisten dengan politik luar negerinya yang  bebas dan aktif, serta bersahabat dengan semua negara.

Apabila terus ditingkatkan nilai tambah terhadap barang dan jasa yang akan diperdagangkan, maka peluang akan makin baik.

Joe Biden terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) merupakan kabar baik bagi Indonesia, terutama dari sisi ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News