Johan Dorong Bulog Tingkatkan Kemampuan Menyerap Gabah Petani

Johan Dorong Bulog Tingkatkan Kemampuan Menyerap Gabah Petani
Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan menyoroti rendahnya realisasi pengadaan gabah oleh Bulog karena persentase serapan selalu menurun setiap tahun.

Menurut dia, sejak 2017 hingga sekarang kurva penyerapan Bulog menunjukkan tren penurunan. Padahal semestinya Bulog mampu optimalkan penyerapan terutama pada bulan Maret sampai Juni  yang selama ini persentase serapannya hanya berkisar 50-65% terhadap total serapan per tahun.

Hal ini diungkapkan Johan saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Ketua Bulog dan jajarannya dalam rangka evaluasi dan monitoring kinerja Bulog, rapat berlangsung di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Senin (30/8).

Wakil rakyat dari dapil NTB 1 ini mendorong Bulog sebagai operator pangan bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap gabah petani, menurutnya rendahnya kemampuan Bulog akan menyebabkan harga gabah di tingkat petani menjadi rendah bahkan jauh di bawah HPP.

Johan mengungkapkan harga jual gabah di tingkat petani di Pulau Sumbawa ada di kisaran Rp 3.600 sampai Rp 3.800 per kg.

"Saya minta Bulog segera bertindak agar harga gabah di tingkat petani khususnya petani di Pulau Sumbawa dapat menguntungkan petani demi meningkatkan kesejahteraan mereka," ucap Johan.

Politikus PKS ini juga menegaskan dengan adanya Perpres tentang Badan Pangan Nasional, maka posisi Bulog harus dilakukan pemisahan yang jelas antara regulator dan operator pangan.

"Saat ini Bulog berada langsung di bawah Badan Pangan Nasional dan sepenuhnya dalam kendali badan tersebut maka sebagai operator pangan tidak boleh berperan sebagai BUMN," tutur Johan.

Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan menyoroti rendahnya realisasi pengadaan gabah oleh Bulog karena persentase serapan selalu menurun setiap tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News