Johana Jembise, Guru Besar Pertama Dari Papua

Johana Jembise, Guru Besar Pertama Dari Papua
Johana Jembise, Guru Besar Pertama Dari Papua
JOHANA Jambise membuktikan bahwa perempuan Papua bisa berprestasi di bidang akademik. Sepuluh hari lalu dia dinobatkan sebagai guru besar Universitas Cendrawasih, Jayapura. Jadilah dia perempuan pertama Papua yang berhasil meraih gelar profesor.

Tanggal 13 November 2012 menjadi hari bersejarah bagi Prof Dr Johana Jambise MA. Saat itu karir dia di dunia akademik mencapai puncaknya. Gelar profesor kini tersemat di depan namanya.

Johana mengaku sangat bangga menjadi perempuan pertama Papua yang meraih gelar guru besar. Meski begitu, gelar tersebut harus diraihnya dengan jalan berliku.

Menurut perempuan kelahiran Manokwari, 1 Oktober 1958 itu, masalah terberat yang harus dilalui adalah memuat karya ilmiah di jurnal internasional. Sebab, berkali-kali dia mengirim tulisan ke jurnal internasional, tapi selalu ditolak.

Beberapa kali tulisan yang dia kirim dikembalikan. Pihak dewan redaksi meminta tulisan direvisi agar memenuhi standar internasional dan bisa diterima publik internasional.

JOHANA Jambise membuktikan bahwa perempuan Papua bisa berprestasi di bidang akademik. Sepuluh hari lalu dia dinobatkan sebagai guru besar Universitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News