Jojo Harus Lebih Berani di French Open

Jojo Harus Lebih Berani di French Open
Jonatan Christie. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PARIS - Sektor tunggal putra masih menjadi sorotan jelang French Open yang dimulai Selasa (23/10) hari ini. Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Tommy Sugiarto sama-sama mencatat hasil tak memuaskan di Denmark Open pekan lalu.

Publik sudah gemas ingin melihat salah seorang dari mereka merebut juara. Jojo, sapaan Jonatan Christie, mungkin jadi yang paling bersemangat menyongsong babak pertama. Sebab, dia akan kembali bertemu dengan Sameer Verma. Pemain asal India itu yang pekan lalu (18/10) mengalahkannya di babak kedua Denmark Open. Saat itu, Jojo kandas dalam pertarungan rubber game 21-23, 21-6, 20-22.

Sebelumnya, Verma juga menumbangkan Jojo di Vietnam Terbuka 2015. Artinya, secara head-to-head, Jojo tertinggal 0-2 dari Verma yang kini menempati peringkat 23 dunia. 

Kabidbinpres PP PBSI Susy Susanti berharap, Jojo bisa belajar dari kekalahannya. Susy menilai, secara kualitas, Jojo dan Verma seimbang. Namun, Jojo terkesan terlalu hati-hati ketika bermain. "Harus lebih berani dan agak ngeyel. Itu perlu," ucap Susy saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Namun, dia juga mengingatkan Jojo untuk tidak terburu-buru saat poin krusial. Akibatnya, lanjut dia, justru malah membuat kesalahan sendiri. ''Seharusnya, Jojo bisa lebih meladeni dulu. Baru ketika ada kesempatan menyerang, habiskan! Gitu lo," urai dia.

Peraih emas Olimpiade Barcelona 1992 itu menyoroti permainan Jojo yang cenderung monoton. Dia hanya selalu mengandalkan smes. Kali ini, dia berharap, Jojo harus bisa bermain lebih variatif serta mempelajari dan menghafal pola serangan Verma. Tentu tak hanya Verma, tapi juga lawan-lawan di babak selanjutnya.

Pelatih kepala tunggal putra pelatnas Hendri Saputra sudah menghubungi Jojo terkait taktik dan pola mainnya. Dia berpesan kepada anak didiknya itu untuk lebih menikmati permainan. Tidak hanya mengandalkan bola-bola keras. Berani memainkan bola di depan net dan jangan takut untuk beradu reli. "Jojo sudah saya suruh pelajari melalui video analisis. Harus lebih cerdik," ujar Hendri.

Sementara itu, Ginting bakal bersua Kantaphon Wangcharoen asal Thailand. Di atas kertas, pebulu tangkis kelahiran Cimahi itu lebih difavoritkan melenggang ke babak selanjutnya. Secara head-to-head, Anthony unggul 3-1 atas Wangcharoen. Terakhir, mereka bertemu di babak 16 besar Indonesia Masters 2018, 23-28 Januari lalu. Ginting menang straight game 21-11, 21-14.

Jojo bertemu Sameer Verma di babak pertama French Open. Pemain asal India itu pekan lalu mengalahkan Jojo di babak kedua Denmark Open.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News