Joko Gethuk Susilo Dipecat dari Jabatan Pelatih Kepala Arema

Joko Gethuk Susilo Dipecat dari Jabatan Pelatih Kepala Arema
Pelatih Arema FC Joko Susilo. Foto: Malang Post/JPNN

jpnn.com, MALANG - Joko “Gethuk” Susilo dipecat dari jabatannya sebagai Pelatih Kepala Arema FC. Posisinya digantikan Milan Petrovic, yang sejak 4 April 2018 diplot sebagai asisten pelatih untuk mem-back up Joko ”Gethuk” Susilo.

Mulai kemarin (14/5) pria berkebangsaan Serbia itu dipercaya sebagai pelatih kepala.

Perubahan susunan kepelatihan ini disampikan General Manager Arema FC Ruddy Widodo pada sesi jumpa pers di kantor Arema FC siang kemarin. ”Mulai hari ini (kemarin, Red), kami memberhentikan Joko Susilo sebagai pelatih kepala Arema FC,” kata Ruddy.

Keputusan itu diambil setelah serangkaian hasil buruk yang diraih tim berjuluk Singo Edan ini. Hingga pekan ke-8 Liga 1 musim ini, Dendi dkk hanya mampu mengemas 6 poin dari sekali kemenangan, tiga kali seri, dan menelan empat kekalahan.

Akibatnya, Arema FC kini terdampar di posisi juru kunci klasemen sementara Liga 1. Memang, musim kompetisi 2018 masih panjang. Masih ada 26 pertandingan lagi yang harus dimainkan. Tapi bila dibiarkan, manajemen khawatir Arema FC makin terpuruk.

”Sampai pekan ke-8 ini, ada banyak poin yang hilang di rumah (saat bermain di Stadion Kanjuruhan, Red). Itu jadi bahan evaluasi manajemen. Karena itu, kami mengangkat Milan Petrovic sebagai pelatih Arema FC,” kata dia.

Tapi, meski memberhentikan Gethuk sebagai pelatih kepala, manajemen tidak lantas mendepaknya dari skuad Arema FC. Gethuk kembali ke posisi yang pernah diembannya awal musim 2017 lalu, yakni asisten pelatih. ”Tak hanya itu, sebagai penghormatan, dia juga akan kembali sebagai direktur teknik akademi,” lanjutnya.

Ada banyak pertimbangan yang menjadi dasar bagi manajemen untuk mempertahankan Gethuk dalam tim. Salah satunya karena manajemen menilai bahwa Milan belum cukup memiliki pengalaman melatih di Indonesia.

Joko Gethuk Susilo dipecat dari jabatannya sebagai pelatih kepala Arema FC, posisinya digantikan Milan Petrovic.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News