Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Kecintaan Kiai pada Negeri

Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Kecintaan Kiai pada Negeri
Presiden Joko Widodo di Pondok Pesantren KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (20/10) malam. Foto: Setpre

jpnn.com, CIREBON - Presiden Joko Widodo mengajak seluruh umat Islam untuk meneladani para kiai. Jokowi -panggilan akrabnya- menyampakan ajakannya saat memberikan sambutan dalam acara haul dan khataman Alquran di Pondok Pesantren KHAS Kempek di Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat Jumat (20/10) malam.

Menurutnya, para kiai di tanah air dikenal memiliki kepedulian dan kecintaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Bahkan, sejak sebelum perang kemerdekaan, para kiai sudah menerapkan ungkapan hubbul wathan minal iman yang bermakna cinta tanah air adalah sebagian dari iman.

“Teladan pada kiai itu menunjukkan bahwa Islam dan kehidupan kebangsaan adalah selaras, beriringan dan bukan bertentangan,” ujarnya.

Di samping itu, Jokowi juga meyakini kerukunan dan kebinekaan Bangsa Indonesia yang masih terjaga hingga saat ini tak lepas dari peran para kiai, termasuk Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj yang juga pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon. “Ini yang membuat iri negara-negara lain terhadap Indonesia,” tuturnya.

Karena itu, Jokowi selalu memamerkan keberhasilan menjaga kebinekaan dan keragaman saat bertemu kepala negara lain termasuk di konferensi internasional. Salah satunya saat menerima Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Tsani di Istana Bogor, Rabu lalu (18/10).

"Ketemu Syeikh Tamim, emir Qatar, saya sampaikan hal yang sama. Beliau juga baru tahu bahwa Indonesia memiliki 17 ribu pulau. Saya tunjukkan gambar-gambarnya, ini yang namanya Bali," tutur Jokowi.

Presiden pun tidak ingin menyia-nyiakan pertemuan itu dan menggunakan kesempatan itu untuk menunjukkan sejumlah tempat indah yang ada Indonesia, seperti Bali dan Raja Ampat. Ternyata Syekh Tamim yang punya hobi menyelam terpikat oleh keindahan alam Indonesia.

Syekh Tamim lantas berbisik ke Jokowi, “Presiden Jokowi, nanti saya kembali lagi ke Indonesia. Tapi saya tolong diantar menyelam di Raja Ampat ya," ujar Jokowi menuturkan ucapan Syeikh Tamim.

Presiden Jokowi menyatakan, para kiai di tanah air dikenal memiliki kepedulian dan kecintaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News