Jokowi Akan Bangun Tol Laut Tanpa APBN

Jokowi Akan Bangun Tol Laut Tanpa APBN
Jokowi Akan Bangun Tol Laut Tanpa APBN

jpnn.com - JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo memastikan dalam pemerintahannya akan segera membangun tol laut dalam waktu tiga hingga empat tahun. Diperkirakan biaya untuk membangun tol laut sebesar Rp 60 triliun hingga Rp 70 triliun.

"Kira-kira 60-70 triliun. Kalau nunggu dari APBN, sampai 5-10 tahun enggak selesai. Saya cek lapangan, saya cek kondisi dari BUMN kita yang berkaitan dengan itu, ternyata bisa. 3-4 tahun itu akan selesai dengan catatan memang tak memakai APBN," ujar Jokowi dalam pembubaran Kelompok Kerja Tim Transisi di Rumah Transisi, Jakarta Pusat, Minggu (28/9) malam.

Untuk memuluskan proyek tersebut tanpa menyentuh APBN, Jokowi membeberkan sumber dana yang memungkinkan dapat menyokong proyek tersebut. Seperti dengan bekerjasama dengan BUMN dan investor lokal. Ia memastikan tidak akan gegabah memberikan pengerjaan proyek itu pada investor asing.

"Kita tidak gunakan APBN. Kita hanya gunakan payung. Selama BUMN kita tidak bisa berikan pada investor lokal. Selama investor lokal bisa, berikan mereka. Karena Itu menyangkut angka yang sangat besar sekali. Kalau tidak bisa, baru kita berikan pilihan pada investor luar," tegas Jokowi.

Dalam proyek itu, kata dia, akan dibangun pelabuhan biasa dan pelabuhan dalam sebanyak 24 seaport. (flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo memastikan dalam pemerintahannya akan segera membangun tol laut dalam waktu tiga hingga empat tahun. Diperkirakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News