Jokowi akan Resmikan Mal Pelayanan Publik November Mendatang

Jokowi akan Resmikan Mal Pelayanan Publik November Mendatang
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, BATAM - Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan mal pelayanan publik yang sebelumnya merupakan gagasan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur.

"Jika tidak ada halangan November nanti mal ini akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo," kata Rudi, Kamis (6/7).

Rudi menambahkan mal ini akan menggunakan Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC) yang sebelumnya telah membuka pelayanan pengurusan perizinan di Batam.

"Ini yang pertama, pastinya kita bisa menjadi percontohan bagi daerah lain," ucapnya.

Nanti, gedungnya akan diubah sedemikian rupa. Lantai atas akan difungsikan sebagai mal, serta arena bermain anak-anak. Sedangkan lantai dasar akan diisi berbagai macam pelayanan.

Beberapa pelayanan di antaranya, imigrasi, pengurusan dokumen kependudukan, perizinan usaha, samsat, ketenagakerjaan, dan pelayanan publik lainnya.

"Jadi semua satu wadah, termasuk pelayanan BP Batam juga kita bisa ajak. Ini akan meminilisir tindakan pungutan liar (pungli) yang sering dikeluhkan warga selama ini. Gimana mau pungli lagi ruangannya hanya dibatasi sekat saja, dan pelayanan lebih transparan," ujar Rudi.

Dia mengakui selama ini banyak keluhan yang masuk terhadap pelayanan mulai dari lambatnya pengurusan hingga petugas yang minta uang untuk mempermudah pengurusan. "Sekarang tidak ada lagi yang seperti ini, mari bersama-sama kita berubah demi Batam yang lebih baik," bebernya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan mal pelayanan publik yang sebelumnya merupakan gagasan dari Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News