Jokowi Apresiasi Inisiatif Kadin dan GoTo Bangun Rumah Oksigen

Jokowi Apresiasi Inisiatif Kadin dan GoTo Bangun Rumah Oksigen
Sejumlah petugas menurunkan tabung oksigen. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan GoTo atas inisiatifnya membangun Rumah Oksigen Gotong Royong sebagai wujud perhatian untuk membantu mengurangi tekanan pada rumah sakit di tengah lonjakan jumlah pasien Covid-19.

Apresiasi itu disampaikan secara langsung oleh Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Rumah Oksigen yang berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

“Sore hari ini saya melihat secara langsung Rumah Oksigen Gotong Royong yang dalam proses ini belum selesai. Nanti akan selesai minggu depan dan akan rampung 100 persen nanti mungkin di awal Agustus yang bisa menampung kurang lebih 500 pasien,” ujar Presiden Jokowi di lokasi kemarin (24/7).

Bahkan tidak hanya Kadin, Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa inisiatif ini merupakan hasil kerja sama gotong royong antara Kadin dan perusahaan lainnya, yaitu GoTo, PT Aneka Gas Industri (samator), dan PT Master Steel sebagai pemilik lahan. Presiden berharap inisiatif serupa dapat dilakukan tidak hanya di Jakarta melainkan juga di daerah lain, terutama di beberapa provinsi yang memiliki tingkat keterisian tempat tidur yang cukup tinggi.

“Adanya penambahan kapasitas ini menjadikan BOR rumah sakit bisa sedikit tidak tertekan. Sekali lagi saya sangat menghargai dan kita berharap ini tidak dibangun, dikerjakan di Jakarta saja, tetapi bisa di-copy di tempat-tempat lain, di provinsi-provinsi lain. Kita harapkan nanti ini segera bisa dioperasikan dan bisa dimanfaatkan oleh rakyat,” lanjutnya.


Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid yang turut hadir mendampingi Presiden Jokowi bersama CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik inisiatif pembangunan Rumah Oksiden pertama ini yang merupakan upaya gotong royong dari kalangan pengusaha. Arsjad juga berharap inisiatif ini bisa diwujudkan juga di kota-kota lain, terutama yang membutuhkan tambahan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19.

“Harapannya ini adalah yang pertama namun aka nada rumah oksigen lainnya. Selain di sini, nanti di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan lain-lain. Kita mengharapkan semua pengusaha - yang saya katakan adalah pejuang karena ini adalah perang melawan pandemi – untuk bisa bersama-sama, bekerja sama, bergotong royong untuk kita memenangkan perang melawan pandemi,” ujarnya.

CEO GoTo Andre Soelistyo menambahkan jika semua pasien yang memerlukan hanya oksigen bisa ditampung di sini sementara rumah sakit dapat digunakan untuk pasien-pasien yang memerlukan tambahan medical support.

Apresiasi itu disampaikan secara langsung oleh Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Rumah Oksigen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News