Jokowi Bela Prabowo soal Data Pertahanan, Lalu Bilang Toko Kelontong

Jokowi Bela Prabowo soal Data Pertahanan, Lalu Bilang Toko Kelontong
Presiden Jokowi. Foto: Cuci Hati/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan data pertahanan, termasuk alat utama sistem senjata (alutsista), tidak dapat dibuka seluruhnya.

Menurut dia, data pertahanan menyangkut strategi besar negara.

"Enggak bisa semuanya dibuka kayak toko kelontong, enggak bisa, enggak bisa, ya," kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Serang, Banten, Senin.

Jokowi menyampaikan itu terkait adanya calon presiden yang meminta data pertahanan dibuka secara transparan kepada publik dalam debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) malam.

Jokowi menekankan banyak hal yang berkaitan dengan pertahanan memang harus dirahasiakan karena menyangkut keamanan.

"Yang berkaitan dengan pertahanan, yang berkaitan dengan keamanan negara, yang berkaitan dengan alutsista itu ada yang bisa terbuka, tetapi banyak yang memang harus kita rahasiakan karena ini menyangkut sebuah strategi besar negara," katanya.

Dalam debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) malam, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan capres nomor urut 1 Anies Baswedan melemparkan kritik pembelian alutsista bekas kepada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang merupakan Menteri Pertahanan.

Ganjar dan Anies meyakini penggunaan alutsista bekas berisiko terhadap keselamatan prajurit.

Menurut Jokowi, data pertahanan, termasuk alutsista tidak dapat dibuka seluruhnya karena menyangkut strategi besar negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News