Jokowi Berpeluang Gandeng Zulkifli Meski PAN Bergaya Oposisi

Jokowi Berpeluang Gandeng Zulkifli Meski PAN Bergaya Oposisi
Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Nama Ketua MPR Zulkifli Hasan dinilai layak diperhitungkan untuk menjadi calon pendamping Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Sebab, Zulkifli yang kini memimpin Partai Amanat Nasional (PAN) bisa membantu Jokowi menjaring suara pemilih dari kalangan muslim.

"Saya kira nama Zul layak diperhitungkan karena memiliki irisan dengan massa Muhammadiyah," ujar pengamat politik Adi Prayitno kepada JPNN, Selasa (31/10).

Pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta itu menambahkan, PAN memang terkesan kerap membuat manuver yang berseberangan dengan pemerintah. Bahkan, partai besutan Amien Rais itu sering bersikap layaknya oposisi bagi pemeirntahan Jokowi.

"Tapi jika melihat suasana batin kebangsaan yang bergejolak karena isu agama dan kebinekaan, sepertinya Jokowi penting untuk memilih cawapres dari kalangan Islam. Pada tahap inilah nama Zul layak diperhitungkan," ucapnya.

Meski begitu, lanjut Adi, sikap PAN selama ini tentu akan menjadi catatan tersendiri bagi Jokowi. Apalagi ada tokoh lain yang juga tak kalah moncer untuk menjaring suara dari pemiluh Islam.

Selain Zulkifli, ada pula Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuzy dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Menurutnya, dua figur itu juga layak sebagai calon wakil presiden pendamping Jokowi.

"Problemnya, ketiga ketum parpol ini memiliki elektabilitas sangat rendah. Mereka harus kerja keras jika ingin dipinang sebagai pendamping Jokowi di piplres 2019. Jika tidak, parpol-parpol Islam hanya akan menjadi penggembira dan pelengkap penderita pilpres nantinya," pungkas Adi.(gir/jpnn)


Selama ini PAN yang dipimpin Zulkifli Hasan memang sering bersikap layaknya oposisi. Namun, bukan tak mungkin Jokowi akan menggandeng Zulkifli di Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News