Sikat Alexis, Elektabilitas Anies Bakal Meningkat

Sikat Alexis, Elektabilitas Anies Bakal Meningkat
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno, menghentikan izin usaha Hotel Alexis bakal membuat mereka makin moncer.

Dampak paling besar bakal dirasakan Anies yang disebut-sebut memiliki peluang maju Pilpres 2019.

"Dapat dipastikan dampak politiknya bagi Anies adalah the power of legitimation. Umat Islam Jakarta, para ulama yang sejak awal mendampingi Anies, akan semakin terkonsolidasi melindungi dan membentengi langkah politik Anies," kata Direktur Eksekutif Political Studies (IPS) Faris Thalib, Selasa (31/10).

Faris menilai kekuatan politik mantan menteri pendidikan itu akan bertambah. Elektabilitas Anies juga akan surplus. Bahkan, persentasenya akan semakin naik ketika Anies berkomitmen menghentikan reklamasi.

"Saya kira ke depannya Anies-Sandi tetap harus fokus bekerja memenuhi janji-janji politiknya. Terutama soal reklamasi, merealisasikan segala macam programnya, dan mengurangi politik retorik," ujar Faris

Faris menambahkan, Anies-Sandi membuktikan diri bisa tegas dan berani dengan cara yang lebih santun, tanpa emosi, dan tak menunjukkan amarah.

"Jadi, secara politik, penutupan Alexis adalah janji kampanye dan Anies-Sandi secara sangat cepat telah melunasinya," ujar Faris.

Menurut Faris, kebijakan yang diambil Anies bukan hal yang spontan.

Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno, menghentikan izin usaha Hotel Alexis bakal membuat mereka makin moncer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News