Jokowi: Dalam 4 Tahun, Dana Desa Hasilkan 191.000 Km Jalan dan 24.000 Posyandu

Jokowi: Dalam 4 Tahun, Dana Desa Hasilkan 191.000 Km Jalan dan 24.000 Posyandu
Presiden Jokowi di tengah rakornas desa. Foto: Deny S/Humas

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dana desa berhasil membangun sejumlah infrastruktur mulai dari jalan desa hingga pos pelayanan terpadu (posyandu).

Selama masa pemerintahannya, dana desa telah memberikan banyak manfaat. “Selama empat tahun ke belakang, dana desa yang dikucurkan untuk sekitar 74.900 desa di seluruh Indonesia, telah menghasilkan sejumlah infrastruktur desa. Di antaranya: jalan desa sepanjang 191.000 kilometer, 58.000 unit irigasi, 8.900 pasar desa, hingga 24.000 posyandu," sebut Jokowi di Instragam pada akun jokowi.

Jokowi menambahkan, sasaran dana desa ke depan bukan lagi untuk insfrastruktur. Menurutnya, dana yang dikucurkan selanjutnya akan digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

“Bagaimana selanjutnya? Di depan para penyelenggara pemerintahan desa di Ancol, Jakarta, kemarin saya sampaikan bahwa setelah fisik infrastruktur kita jalankan, Program Dana Desa ke depan akan digeser sedikit ke pemberdayaan ekonomi desa,” jelasnya.

Jokowi melanjutkan, pemberdayaan ekonomi desa nantinya akan disesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa. “Desa yang memiliki pemandangan alam maupun objek wisata yang indah, dapat menggarap keunggulan itu untuk penghasilan desa itu sendiri,” pungkasnya. (adk/jpnn)


Selain jalan dan posyandu, dana desa juga menghasilkan 58.000 unit irigasi dan 8.900 pasar desa.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News