Jokowi Datang dengan Pakaian Batak Toba, Ada Tongkat dari Pemuka Adat, Maksudnya?

Jokowi Datang dengan Pakaian Batak Toba, Ada Tongkat dari Pemuka Adat, Maksudnya?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi Lapangan Merdeka, Kota Medan, Kamis (7/7). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi Lapangan Merdeka, Kota Medan, Kamis (7/7) dalam rangka menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-29.

Saat tiba di Lapangan Merdeka, Presiden Jokowi dan Iriana tampak menggunakan pakaian adat etnis Sumatera Utara, yaitu Baju Adat Toba.

Kedatangan keduanya disambut tarian Semarak Indonesiaku yang dibawakan oleh masyarakat dari Kampung KB Binaan Dinas Kebudayaan Kota Medan.

Setelahnya, presiden dan Iriana mengikuti prosesi tradisi adat Batak Toba.

Kepala Negara diberikan tongkat 'Balehat Raja' yang memiliki arti sebagai lambang kekuatan Presiden Jokowi dalam menjalankan kepemimpinan.

"Kami berikan tongkat Balehat Raja untuk menjadi semacam perlambang kekuatan kepada Bapak Presiden dalam rangka menjalankan kepemimpinannya," ujar tokoh masyarakat Sumatra Utara Rustam Effendy Nainggolan dalam keterangannya seusai prosesi berlangsung.

Untuk diketahui, Peringatan Harganas ini mengambil tema "Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting".

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Hasto Wardoyo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kehadiran presiden dan Iriana dalam Harganas kali ini.

Presiden Jokowi diberikan tongkat 'Balehat Raja' yang memiliki arti sebagai lambang kekuatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News