Jokowi Didesak Menyetop Izin Pembangunan Gedung

Jokowi Didesak Menyetop Izin Pembangunan Gedung
Jokowi Didesak Menyetop Izin Pembangunan Gedung
JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie mengusulkan beberapa cara mengatasi banjir di Jakarta untuk jangka pendek maupun panjang. Dia pun mengatakan, untuk mengatasi banjir Jakarta harus ada sinergitas antara pemerintah daerah dan pusat. Salah satunya, Marzuki mengusulkan, Gubernur DKI harus memoratorium izin-izin pembangunan gedung.

Hal itu diungkapkan Marzuki saat menerima kunjungan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Senin (21/1) di gedung parlemen, di Jakarta. "Moratorium perizinan. Kalau izin jalan terus, ini berbahaya," kata Marzuki didampingi Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, Pramono Anung dan Taufik Kurniawan itu.

Kemudian, Marzuki juga mengusulkan pembangunan Dam di pinggiran utara Jakarta. Menurutnya, kalau hanya memompa air tapi tidak ada pembatasnya, maka air akan kembali lagi. Karenanya, diperlukan dam untuk menahan air itu. "Hampir tiap tahun banjir terjadi. Air di laut mengalir ke darat, kemudian di pompa lalu kembali lagi ke darat. Perlu dam sepanjang pantai Jakarta. Kalau tanpa dam,  dipompa pun kembali lagi," katanya.

Nah, kata dia, kalau ada dam, ketika air laut datang kemudian di pompa, maka akan terlindungi dam. "Maka kita hanya keluarkan air curahan dari atas," ujarnya.

Marzuki mengatakan, gubernur harus memikirkan penuntasan jangka panjang untuk masalah Jakarta. Karena, lanjut dia, masalah DKI bukan hanya banjir, tapi juga macet. (boy/jpnn)

JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie mengusulkan beberapa cara mengatasi banjir di Jakarta untuk jangka pendek maupun panjang. Dia pun mengatakan, untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News