Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Kagama Ulas Kemaritiman di Sultra

Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Kagama Ulas Kemaritiman di Sultra
Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Kagama Ulas Kemaritiman di Sultra. JPNN.com

jpnn.com - KENDARI - Musyawarah Nasional (Munas) XII Keluarga Alumni Universitas Gadja Mada (Kagama) dan Workshop Kagama 2014 akan dilangsungkan di Kota Kendari. Kegiatan yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo akan berlangsung selama tiga hari (6-8/11).

Presiden Jokowi beserta rombongan dijadwalkan tiba di Kota Kendari, Kamis (6/11). Sedangkan peserta Munas yang akan memilih ketua umum periode 2014-2019 dari berbagai daerah, mulai kemarin, telah berdatangan di ibu kota Provinsi Sultra. Munas tahun ini dipastikan akan berlangsung meriah, mengingat Presiden Jokowi dan sejumlah menteri di Kabinet Kerja yang hadir mendampingi presiden ke Kendari adalah anggota Kagama. Sedangkan Ketua Umum PP Kagama, Sri Sultra Hamengku Buwono x akan tiba di Kota Kendari, Rabu (5/11) sore nanti.  
    
Presiden Jokowi akan membuka Munas dan Workshop Kagama pada hari Kamis (6/11) pada pukul 13.45 Wita. Pada kegiatan pembukaan Gubernur Nur Alam dan Ketua Kagama Sri Sultan juga akan memberikan sambutan.  Setelah membuka Munas, Jokowi dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja. Hingga kemarin, kunjungan kemungkinan besar hanya pada satu titik yakni pada  Pelabuhan Perikanan Samudera di Lapulu. Selanjutnya, Presiden akan bertolak ke Jakarta.
    
Sementara, peserta Munas akan menggelar workshop yang akan mengupas kemaritiman Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian pada Jumat (7/11). Workshop yang akan menampilkan Ganjar Pranowo, SH, Gubernur Jawa Tengah sebagai moderator pada panel sesi pertama ini akan menampilkan Rektor UGM sebagai pembicara kunci.  

Panelis lain yakni, Arif Havas Oegroseno SH LLM (Dubes Indonesia untuk Belgia) akan mengulas wilayah teritorial maritim Indonesia dan hukum internasional untuk mendukung kedaulatan NKRI. Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS akan mengulas pembangunan kemaritiman dan konektivitas logistik dan manusia antar seaport. Rektor Unhalu, Prof. Ir. Usman Rianse juga akan mengulas SDA dan sinkorinisasi peran pusat dan daerah.
    
Pada sesi panel II menampilkan Prof. Dr. Hardyanto Soebono (Dosen Fakultas Kedokteran UGM) sebagai moderator. Tiga panelis yakni, Dr. Hendri Saparini dari Universitas Indonesia,  Prof. Ir. Dwikorita Karnawati Ph.D (Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni), dan Dr. Supra Wimbarti (Dekan Fakultas Psikologi UGM).

Kegiatan inti Munas XII Kagama akan dilakukan pada hari Sabtu (8/11) yang akan memilih Ketua Umum Kagama periode 2014-2019. Sri Sultan Hamengku Buwono ke X merupakan salah satu kandidat kuat untuk terpilih kembali sebagai ketua. Namun demikian, banyaknya anggota Kagama yang menjadi Menteri Kabinet Kerja menyebabkan persaingan ke kursi ketua diprediksi ketat.
    
Dalam persiapan lain kedatangan Presiden Ri, Joko Widodo di Kendari, Sulawesi Tenggara, pihak keamanan sudah mempersiapkan diri secara maksimal. Ada tiga ribu personil kepolisian dan TNI disiagakan. Angka itu dibeber Komandan Korem 143 Halu Oleo, Kolonel (arh) Andi Sumangerukka, kemarin. Pengamanan akan dikonsentrasikan di Bandara Halu Oleo  dan Hotel Clarion. Untuk rencana tempat kunjungan Jokowi, Danrem sejauh ini pun belum bisa memastikan.  
    
"Di hotel nanti kemungkinan Pak Presiden baru akan menyusun agenda kunjungan, karena sejauh ini informasi hanya seputar itu. Kemungkinan juga akan berkunjung ke pasar-pasar," katanya. Andi menghimbau agar masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dalam agenda kunjungan presiden di daerah ini.  Kapolres Kendari, AKBP Anjar Wicaksana juga mengatakan kesiapannya untuk melakukan pengamanan sudah matang.     

"Polisi juga menyiapkan personil untuk melakukan pengamanan di sepanjang jalan yang dilalui rombongan. Semua sudah diatur Paspampres," jelas Kapolres. (p1/mal/cok)


KENDARI - Musyawarah Nasional (Munas) XII Keluarga Alumni Universitas Gadja Mada (Kagama) dan Workshop Kagama 2014 akan dilangsungkan di Kota Kendari.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News