Jokowi Dinilai Berhasil Wujudkan Transparansi Informasi Lewat Transformasi Digital

Jokowi Dinilai Berhasil Wujudkan Transparansi Informasi Lewat Transformasi Digital
Presiden Jokowi disebut-sebut bakal mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (PPLP-PT) Banyuwangi Heru Ismadi menilai pemerintah berhasil mewujudkan transparansi informasi bagi masyarakat.

Menurut Heru, hal ini terlihat dengan kebijakan-kebijakan Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang menggenjot kebijakan transformasi digital lewat pembangunan infrastruktur seperti jaringan internet hingga penyediaan WiFi gratis di tempat-tempat umum.

Lebih lanjut, Heru mengatakan pemerintah Jokowi telah banyak membuka ruang-ruang informasi. Semua diberikan secara jelas dan terang.

“Saat ini yang jelas memang akses informasi, mudah bisa diterima dan diakses oleh masyarakat,” kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/9/2022).

Dia mengatakan semua capaian kemudahan dalam memperoleh akses informasi tidak terlepas dari kebijakan Jokowi. Transformasi digital yang digalakkan membuahkan hasil maksimal di masyarakat.

Sebab, Heru Ismadi menilai peralihan dari konsep manual menuju digital menjadi sebuah hal yang tidak bisa dihindarkan lagi. Lantaran sekarang tengah berada dalam masa kecanggihan teknologi.

“Saya pikir apa yang dilakukan sudah cukup demikian karena sekarang ini sudah masuknya era digitalisasi,” ungkap Heru.

Sementara itu, akademisi dari Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Ken Norton Hutasoit menilai transformasi informasi yang kian terbuka ini tak lepas dari peran Pemerintah dan masyarakat sendiri, dimana Pemerintah menyiapkan infrastruktur pendukung dan dibantu oleh masyarakat.

Jokowi dinilai berhasil menggenjot kebijakan transformasi digital lewat pembangunan infrastruktur seperti jaringan internet hingga penyediaan WiFi gratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News