Jokowi Dorong Perempuan Pengusaha Rambah Pasar Mancanegara

Jokowi Dorong Perempuan Pengusaha Rambah Pasar Mancanegara
Presiden Joko Widodo di Padang. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para perempuan pengusaha untuk memasarkan produk-produknya ke pasar-pasar di mancanegara.

Dia meyakini dengan meningkatkan ekspor dan investasi maka akan memperbaiki defisit neraca perdagangan dan neraca transaksi berjalan.

"Saya mengajak ibu-ibu semua agar berani mengarahkan produknya ke pasar ekspor. Enggak usah ragu karena pasar itu ada segmentasinya yang berbeda-beda," kata Presiden saat membuka Rapat Kerja Nasional ke-28 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) 2018 di Hotel Grand Inna, Kota Padang, Sumatera Barat.

Presiden meyakini produk-produk yang dihasilkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia tidak kalah bersaing dengan produk-produk dari negara lain.

Hanya saja, terkadang para pengusaha terjebak dalam pemikiran bahwa tujuan ekspor itu harus ke Amerika, Eropa, atau Jepang.

"Yang namanya pasar ekspor itu kita selalu mikirnya harus Amerika, Eropa, Jepang, padahal pasar-pasar yang lain di Asia Afrika terbentang sangat luas dan produk-produk kita bisa bersaing dengan produk-produknya dari negara lain, harganya, kualitasnya," ujarnya Jokowi.

Pada forum itu presiden sempat berdialog dengan salah seorang pengusaha wanita untuk berbagi cerita. Namanya Leni.

Dia mengaku sudah mengeskpor produknya ke pasar-pasar ekspor nontradisional, yaitu negara-negara di Asia dan Afrika.

Indonesia membutuhkan lebih banyak perempuan pengusaha agar ekonomi nasional semakin maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News