Presiden Minta Perguruan Tinggi Jadi Inkubator Wirausahawan

Presiden Minta Perguruan Tinggi Jadi Inkubator Wirausahawan
Presiden Jokowi ketika memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-66 USU, Senin (8/10). Foto Biro Pers Setpres

jpnn.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perguruan tinggi di Indonesia ikut berperan dalam mengembangkan dan melahirkan para wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Harapan itu disampaikannya saat memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium Kampus USU pada Senin (8/10).

Dalam orasinya itu, Jokowi memberi gambaran bahwa Indonesia memerlukan lebih banyak wirausahawan untuk dapat bersaing dengan negara lainnya. Namun, semangat kewirausahaan bangsa saat ini masih terbilang rendah.

"Dalam Global Entrepreneurship Index tahun 2017, peringkat kewirausahaan kita masih ranking 90 dari 137 negara. Di tingkat Asia Pasifik, peringkat kita ke-16 dari 24 negara.

“Jumlah inovasi dan paten kita juga masih rendah, yaitu peringkat 87 dari 137 negara. Artinya masih banyak pekerjaan besar yang harus kita selesaikan," kata Jokowi.

Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan pimpinan universitas untuk mengembangkan semangat kewirausahaan di lembaga masing-masing.

Salah satunya dengan membangun ekosistem bagi para wirausahawan pemula dan mengembangkan sejumlah skema pembiayaan alternatif bagi mereka.

Meski demikian, dirinya mengingatkan bahwa semangat kewirausahaan ini tidak selalu berbicara soal keuntungan dan bisnis.

Presiden Jokowi meminta perguruan tinggi di Indonesia ikut berperan dalam mengembangkan dan melahirkan para wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News