Jokowi: Formula E Event Masa Depan

Jokowi: Formula E Event Masa Depan
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani (kiri), Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (dua kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) memberikan keterangan pers usai menyaksikan putaran final balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). ANTARA/Arif Ariadi/spt

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung Jakarta E-Prix 2022 yang merupakan salah satu rangkaian Formula E 2021-2022 di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6).

Seusai menyaksikan balapan, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Formula E akan menjadi ajang olah raga masa depan karena menggunakan kendaraan berbasis energi listrik.

Menurutnya, penggunaan kendaraan listrik sejalan dengan arah industri Indonesia yang sedang merintis produksi mobil listrik dan berbagai komponennya. 

“Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak nanti pemakai mobil listrik sehingga ini jadi tontonan yang ke depan akan makin digemari,” kata Presiden Jokowi. 

Dia mengatakan Indonesia tengah membangun ekosistem industri mobil listrik, mulai dari industrialisasi bahan baku nikel, pembangunan instalasi pengolahan (smelter) nikel, pembangunan industri baterai litium dan juga produksi mobil listrik.

Karena itu, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Formula E juga telah memperkenalkan teknologi kendaraan listrik dan industri kendaraan ramah lingkungan.

“Saya kira teknologi yang dipertontonkan akan juga mendukung ke arah sana, semuanya akan menuju ke ramah lingkungan,” ungkapnya. 

Jokowi juga mengapresiasi penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 yang berjalan lancar. Dia berharap sirkuit Formula E nanti dapat kembali dijadikan ajang balap di waktu yang akan datang. 

Jokowi menegaskan bahwa Formula E menjadi ajang olahraga masa depan karena menggunakan kendaraan berbasis energi listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News