Pemerintah Pusat Kurang Mendukung Formula E? Presiden Jokowi Memberi Jawaban Tegas

Pemerintah Pusat Kurang Mendukung Formula E? Presiden Jokowi Memberi Jawaban Tegas
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Chief Formula E Alberto Longo (kanan) melihat mobil balap listrik di "grid line" sebelum dimulainya balapan Formula E Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JEIC) Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri langsung seri kesembilan balapan Formula E di di Jakarta International E-Circuit, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6). 

Jokowi sempat melakukan grid walk jelang dimulainya lomba, bahkan menyerahkan trofi untuk pebalap Selandia Baru Mitch Evans yang keluar sebagai juara. 

Seusai menyaksikan balapan, orang nomor satu di Indonesia itu menepis anggapan pemerintah pusat kurang mendukung pelaksanaan Jakarta E-Prix 2022.

"Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat kesiapan," kata Jokowi kepada wartawan selepas menyaksikan langsung Formula E di Ancol. 

Mantan gubernur DKI Jakarta itu lantas mengungkap berbagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap ajang balap mobil listrik Formula E tersebut. 

“Kemudian juga, berkaitan dengan barang-barang masuk, bea cukai di Kemenkeu, kemudian juga Kemenparekraf izin-izin dikeluarkan. Itu bentuk dukungan,” paparnya. 

Sembari menepis anggapan minimnya dukungan pemerintah pusat, Presiden Jokowi juga menyampaikan harapan agar sirkuit JIEC ke depannya bisa lebih rutin dimanfaatkan dan digunakan untuk menggelar ajang-ajang balap lainnya tanpa harus menunggu Formula E per tahun.

"Ya, lebih baik kalau sebuah sirkuit lebih banyak event-nya, akan lebih produktif dan baik. Kalau bisa setiap minggu ada terus akan lebih baik. Kalau setiap tahun 10-15 kali, kan, lebih baik," ungkapnya. 

Presiden Jokowi menepis anggapan pemerintah pusat kurang mendukung Formula E. Jokowi lantas membeber bentuk dukungan pemerintah pusat. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News