Jokowi: IKN Nusantara Menunjukkan Kebesaran Bangsa Indonesia

Jokowi: IKN Nusantara Menunjukkan Kebesaran Bangsa Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: arsip JPNN.com/ Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan lompatan besar untuk melakukan transformasi menuju Indonesia maju.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan bahwa IKN Nusantara akan menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia dan mencerminkan identitas nasional.

“Kami akan membangun IKN yang benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia, mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan, mewujudkan kota hutan, smart city, kota modern, dan berkelanjutan, serta memiliki standar internasional,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Program Beranda Nusantara Menuju Ibu Kota Negara Baru, Rabu (23/2).

Presiden Jokowi meyakini IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul. 

“IKN juga merespons komitmen Indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim yang terlihat melalui pencapaian dan pengelolaan berbagai indikator menuju net zero carbon dan 100 persen energi baru terbarukan di 2060,” tambahnya.

Jokowi menambahkan dengan pembangunan IKN, transformasi di sejumlah bidang akan dilakukan. 

Mulai dari transformasi masyarakat, lingkungan, hingga mobilitas. 

Menurutnya, transportasi di IKN Nusantara nantinya akan memanfaatkan energi hijau yang efisien, hemat energi, dan rendah karbon.

Presiden Joko Widodo menyampaikan visinya mengrnai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dia mengharapkan IKN ramah pejalan kaki hingga kota hijau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News