Jokowi Ingin Kerja Sama Keamanan Laut RI-Malaysia Diperkuat

Jokowi Ingin Kerja Sama Keamanan Laut RI-Malaysia Diperkuat
Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, usai mendampingi Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (9/10). Foto: Fathra/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Peningkatan kerja sama keamanan laut di perbatasan RI-Malaysia juga dibahas oleh Presiden Joko Widodo ketika menjamu kedatangan Deputi Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Wan Azizah Wan Ismail di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, usai mendampingi Presiden Jokowi , Selasa (9/10).

“Presiden juga menyampaikan agar kerja sama peningkatan keamanan di perairan wilayah kita (perbatasan RI-Malaysia) ditingkatkan,” kata Retno.

Peningkatan keamanan itu penting mengingat dalam kejadian terakhir, ada dua warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja pada kapal ikan Malaysia, diculik di perairan Sabah.

“Presiden meminta perhatian otoritas Malaysia untuk meningkatkan kerja sama di dalam menjaga keamanan dalam perairan laut di wilayah masing-masing," jelas Retno.

Masih berkaitan dengan keamanan, Deputi PM Malaysia Wan Azizah ketika itu menyinggung soal peningkatan kerja sama kedua negara dalam penanggulangan terorisme dengan cara bertukar informasi dalam konteks counter terorism.

“Ini kan juga ada kerja sama sub regional untuk countering terorism. Sebenarnya sudah ada tetapi kita akan tingkatkan untuk pertukaran informasi intelijen,” tambahnya.(fat/jpnn)


Presiden Jokowi dan Deputi PM Malaysia Dato Seri Wan Azizah Wan Ismail membahas Peningkatan kerja sama keamanan laut di perbatasan RI-Malaysia.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News