Jokowi Isyaratkan Dukung PDIP Hidupkan Lagi GBHN

Jokowi Isyaratkan Dukung PDIP Hidupkan Lagi GBHN
Presiden Joko Widodo berpidato di acara Rakernas PDIP, Jakarta, Minggu (10/1)

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengamini pidato Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, bahwa pembangunan nasional Indonesia ke depan harus ada haluannya. Tidak sekedar visi-misi lima tahunan, tapi harus jangka panjang bahkan hingga seratus tahun ke depan.

"Tadi kita dengar bersama-sama pidato politik Ibu Megawati, banyak yang disampaikan. Dan saya setuju, bahwa pembangunan jangka menengah, jangka yang sangat panjang berisi tentang mimpi-mimpi besar kita harus dipikirkan secara serius," kata Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya di acara Rakernas I PDI Perjuangan, di Jakarta, Minggu (10/1).

Seperti diketahui, belakangan ini PDIP gencar menghembuskan wacana membangkitkan lagi Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang telah dihapus pada awal era reformasi. Pernyataan Jokowi ini seakan menjadi sinyal dukungan terhadap rencana tersebut. 

Menurut Jokowi, apa yang akan dikerjakan pemerintah dalam 5-10 tahun serta mimpi yang ingin dicapai 100 tahun mendatang harus dirancang dan memiliki panduan. Dengan begitu negara ini memiliki haluan yang jelas arah tujuannya.

"Oleh karena itu Pembangunan Nasional Semesta Berencana jadi PR kita," pungkas Jokowi, pada acara yang juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla dan sejumlah menteri kabinet kerja.

Sebelumnya Megawati mengatakan sudah saatnya visi misi personal dan kedaerahan di era otonomi sekarang diubah dengan suatu konsep pembangunan nasional jangka panjang. Bahkan seharusnya, Indoensia mampu merancang sampai seratus tahun ke depan. 

"Rancangannya pun tidak boleh berganti hanya karena pergantian pemimpin. Sudah saatnya bangsa ini memiliki sebuah haluan pembangunan nasional jangka panjang, sebuah rencana berupa pola pembangunan nasional di segala bidang kehidupan Negara dan masyarakat," kata Megawati.(fat/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengamini pidato Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, bahwa pembangunan nasional Indonesia ke depan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News